D-ONENEWS.COM

Car Free Month Diberlakukan di Kawasan Bromo

Foto: TNBTS gelar rapat sosialisasi car free month kawasan Bromo dengan pelaku wisata

Lumajang,(DOC) – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Seru (TNBTS) akan menggelar Car Free Month (CFM) di Kaldera Tengger Gunung Bromo.

Car Free Month bakal melarang mobil ataupun kendaraan bermotor lainnya di kawasan Kaldera Bromo.

Car free month sendiri untuk menghormati wulan kepitu atau bulan ketujuh dalam penanggalan masyarakat Tengger.

Kepala BB TNBTS John Kenedie mengatakan,  Car free month akan dilaksanakan mulai dari 24 Januari 2020 hingga 24 Februari 2020.

“Car free month itu akan berlangsung selama satu bulan. Dan Selama penyelenggaraan car free month, kaldera Gunung Bromo yang meliputi lautan pasir dan kawasan savana bebas dari kendaraan,” ujarnya.

CFM akan diberlakukan tanggal 24 Januari mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan tanggal 24 Februari 2020 pukul 00.00 WIB, Bakal ada batas kendaraan tidak diperkenankan masuk ke Kaldera Tengger / Bromo dan sekitarnya yakni

Pintu Masuk Coban Trisula Kabupaten Malang dan pintu masuk Senduro,

Kabupaten Lumajang di Jemplang.

Sedangkan Pintu Tengger Laut Pasir Kabupaten Probolinggo di Cemorolawang dan pintu masuk Resort Gunung Penanjakan Wonokitri Kabupaten Pasuruan di Pakis.

“Jadi selepas dari situ diharapkan menggunakan kuda (wajib menggunakan kantong kotoran kuda), sepeda, tandu atau jalan kaki,” ujar Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie dalam pres rilis yang diterima d-onenews.com, Jumat (10/1/2020).

Dia menjelaskan, Car Free Month diberlakukan untuk menghormati Wulan Kepitu atau bulan ketujuh dalam masyarakat suku Tengger. Wulan Kepitu tersebut merupakan bulan yang disucikan oleh tokoh dan sesepuh suku Tengger.

“Jai walan kepitu itu masyarakat suku Tengger melakukan ‘laku puasa mutih’ untuk menahan sifat duniawi sekaligus mendekatkan diri kepada Tuhan,” tutur John Kenedie.

John menembahkan, penyelenggaraan car free month merupakan tindak lanjut dari kesepakatan forum rapat koordinasi pelaku jasa wisata alam di aula Hotel Bromo Permai pada 24 Januari 2018.

Kemudian, kelanjutan rapat koordinasi pelaku jasa wisata Hotel Bromo Permai pada 4 Mei 2019 dan pertemuan pembahasan pengelolaan wisata Bromo Tengger Semeru di Hotel Jiwa Jawa pada 18 Juni 2019.

“Pelaksanaan car free month itu lantas disepakati dalam rapat pembahasan di Hotel Lava View, Kabupaten Probolinggo pada Rabu (8/1/2020),” ujarnya.(imam)

Loading...

baca juga