CFD Diliburkan Untuk Evaluasi Pelaksanaan

Tidak ada komentar 173 views

Dok

Surabaya,(DOC) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup meniadakan sementara kegiatan Car Free Day (CFD) pada hari Minggu(26/8/2018). Peniadaan kegiatan ini, dikarenakan Pemkot Surabaya ingin melakukan evaluasi internal terkait kegiatan car free day yang sudah berjalan sekitar 10 tahun.

Kasi Peningkatan Kualitas dan Penyuluhan Lingkungan Hidup Kota Surabaya Dyan Prasetyaningtyas mengatakan, beberapa item yang akan dievaluasi terkait dengan penyelenggaraan Car Free Day tersebut antara lain, pengaruhnya pada peningkatan kualitas udara di Surabaya, pengaturan event serta pedagang di sepanjang jalur Car Free Day, dan pengaturan-pengaturan lainnya.

“Seperti pelarangan membawa hewan, penyebaran brosur juga perlu untuk dilakukan evaluasi,” ujar Dian pada Sabtu(25/8/2018).

Menurut Dian, sebenarnya Dinas Lingkungan Hidup secara berkala telah melakukan evaluasi atau kajian terkait kegiatan CFD, namun yang terbaru evaluasi tersebut juga dilakukan terkait dengan beberapa lokasi yang dirasa kurang mendapat respon dari masyarakat.

“Bahasan kajian terkait perkembangan di beberapa titik CFD seperti kawasan kembang jepun dan jalan MERR yang sepi peminat,” terangnya.

Dyan berharap, hasil kajian ini dapat dimanfaatkan  Pemkot Surabaya untuk semakin mengoptimalkan kegiatan Car Free Day tersebut serta dapat semakin mempertajam pemahaman masyarakat tentang pentingnya peningkatan kualitas udara lingkungan hidup, salah satunya melalui kegiatan Car Free Day. “CFD itu media untuk mengajak masyarakat peduli dengan lingkungan,” ujarnya.

Terkait peniadaan Car Free Day pada hari Minggu besok, Dyan menyampaikan, Pemkot sudah melakukan pemberitahuan kepada Tim CFD Pemkot Surabaya, menyampaikan surat ke penyelenggara event pada CFD pada hari itu serta melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui kecamatan, kelurahan maupun sosial media.

“Ini dilakukan agar informasi terkait peniadaan sementara Car Free Day tersebut segera diketahui oleh masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, rencananya di area Tugu Pahlawan Surabaya, akan diselenggarakan aksi damai dari gerakan hastag#2019gantipresiden, Minggu(26/8/2018). Informasi yang beredar, CFD ditiadakan karena ada aksi damai ini.(rob/hm/r7)