D-ONENEWS.COM

‘Clear and Clean’, KPU Kota Surabaya Selesaikan Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Kecamatan Tambaksari

Surabaya, (DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya merampungkan pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 dari Kecamatan Tambaksari yang menjadi wilayah dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) terbanyak.

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan pembacaan formulir model D hasil untuk Kecamatan Tambaksari rampung tanpa temuan kesalahan.

“Satu kecamatan terbesar kami, yakni Tambaksari clear and clean,” kata Syamsi saat jeda pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang diselenggarakan di kantor lembaga setempat, Kamis.

Total di Kecamatan Tambaksari terdapat delapan kelurahan dengan jumlah keseluruhan 623 TPS.

Kemudian, di kecamatan tersebut memiliki total daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 170.142 jiwa yang terdiri dari 82.760 laki-laki dan 87.382 perempuan.

“Tambaksari TPS banyak, tetapi bahkan tidak ada perbaikan,” ucapnya.

Syamsi menyebut salah satu hal yang tidak ditemukan, yakni terkait catatan administrasi. Hal tersebut dikarenakan pengecekan seluruh dokumen secara detail di tingkat kecamatan.

“Tahapan administrasi itu harus dipenuhi dan kalau ada satu saja ada selisih, maka dilakukan pelacakan ke belakang atau sampai TPSnya,” ujarnya.

Setelah Kecamatan Tambaksari, Syamsi menyebut formulir D hasil dari Kecamatan Dukuh Pakis siap dilaksanakan.

PPK dari kecamatan tersebut sudah mengkonfirmasi hadir menyerahkan dokumen ke Kantor KPU Kota Surabaya.

“Ada Dukuh Pakis, kami mohon doanya supaya sama-sama lancar,” ucapnya.

Diketahui, KPU Kota Surabaya telah melaksanakan pleno untuk tiga kecamatan, yakni Karangpilang, Benowo, dan Tambaksari.

Sebelumnya, Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Suprayitno mengatakan jadwal pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada 17 Februari hingga 5 Maret 2024.

Namun, KPU Kota Surabaya memutuskan pelaksanaan digelar pada tanggal 28 Februari 2024 lantaran mempertimbangkan berbagai dinamika tahapan di tingkat kecamatan.

KPU setempat pun menargetkan seluruh pelaksanaan pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 bisa rampung tanggal 4 Maret atau sehari sebelum batas akhir ketentuan.

Pemilu Legislatif telah digelar 14 Februari 2024 yang pesertanya 18 partai politik dan Pemilihan Presiden diikuti tiga pasangan calon, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (ang)

Loading...

baca juga