D-ONENEWS.COM

Dampak Gerhana Bulan, Banjir Rob di Probolinggo

Probolinggo, (DOC)-Fenomena Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon pada Rabu(26/5/2021) mengakibatkan banjir di Probolinggo, Kamis(27/5/2021), air pasang menggenangi
rumah warga Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Banjir tersebut terjadi karena dampak dari adanya Gerhana Bulan. Sehingga membuat volume laut naik dan air masuk ke permukiman warga.

Menurut warga banjir yang melanda rumahnya sudah biasa terjadi.

“Banjir yang melanda rumah saya sudah biasa terjadi. Hampir terjadi sekali dalam setahun. Sehingga masyarakat menganggap banjir tersebut bagian dari kebiasaannya ketika bulan terjadi gerhana,” ujar Amri (26) warga setempat.

Ia menyampaikan, banjir rob mulai masuk ke pekarangan rumah ketika sore sampai malam.

“Habis isya masih ada, saya waktu itu juga sedang perbaiki kapal jadi tidak begitu memperhatikan, yang pasti sudah biasa banjir itu,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan, air masuk ke pekarangan rumah diperkirakan hampir seratus meter.

Bahkan Air menggenang dari bibir pantai sampai ke jalan umum.

“Warga yang mengetahui banjir langsung bergegas menyelamatkan barang-barang rumahnya. Terutama barang elektronik,” ujar Amri.

Sementara itu, selaku pemilik kapal Muhammad (40) warga Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo mengatakan ketika adanya Gerhana Bulan krunya dipastikan tidak bisa melaut. Karena air ketika kondisi tersebut sangat besar. Sehingga mengalami kesulitan dalam mencari ikan.

“Anak-anak juga jaga rumah kemarin, karena ada air banjir takut barangnya digenangi air,” ucapnya.

Dia juga mengaku, ombak besar juga mulai tinggi dalam dua hari terakhir.

“Kalau sudah seperti ini nelayan sulit dapat ikan, kemungkinan besar kondisi ini bertahan berlangsung dalam seminggu kedepan,” tutur Muhammad.
(Imam)

Loading...

baca juga