D-ONENEWS.COM

Demokrat Mulai Susun Kekuatan di Pemilu 2019, Kekalahan Pemilu Lalu Hanya Pitstop

partai_demokratSurabaya,(DOC) – Setelah melemah satu periode, partai Demokrat mulai menyusun kekuatan di Pemilu 2019 mendatang. Partai berlogo segitiga mercy ini menarget kemenangan, seperti pada Pemilu periode 2009 lalu.
‎Di Pemilu 2014, perolehan suara Demokrat merosot drastis ke posisi empat dengan perolehan suara 12. 728.913 atau 10,19 persen. Padahal di 2009, partai berlogo segitiga mercy ini mampu menjadi ‘raja’ dengan hasil memuaskan; 21.703. 137 suara (20,4 persen).
‎Dan untuk merebut kembali ‘mahkotanya’ yang sempat lengser itu, Demokrat akan memulai kerja politiknya dari Jawa Timur di awal 2017 ini. Dengan harapan, sejarah buruk 2014 tidak terulang di 2019.
‎”Mulai hari ini (7/1/2017), sejarah baru Partai Demokrat ‎akan terus dijahit di Jatim. Mulai hari ini, kami akan melakukan kerja politik terukur. ‎Untuk mencapai itu, kami hadir di sini (Surabaya),” tegas Sekjen DPP Demokrat, Hinca Panjaitan di Surabaya, Sabtu(7/1/2017).
Hinca yang khusus datang ke Surabaya untuk menghadiri acara Pembekalan dan Pelantikan Pengurus DPD Demokrat Jawa Timur periode 2016-2021. Acara pembekalan dilaksanakan malam nanti, sementara pelantikan digelar pada Minggu besok (8/1/2017).
‎”Pelantikan besok, besar sekali di Jatim, dan dampaknya besar. Jatim akan melakukan Pilkada terbesar di 2018,” lanjut Hinca.
Untuk itu, Demokrat berharap strategi politik sudah harus segera digarap. Sebab, setelah Pilkada serentak di bulan Febuari 2017, pesta demokrasi serentak di beberapa daerah akan kembali digelar di 2018. Kemudian di 2019, baru akan digelar Pemilu untuk pemilihan anggota legislatif dan presiden.
“Partai tidak mempunyai waktu. Di waktu yang sempit, kita akan melakukan kerja-kerja politik. Demokrat akan hadir di tengah gegap gempita (pesta demokrasi) mulai hari ini,” katanya bersemangat.
Mulai besok, Minggu(8/1/2017), masih kata dia, selain melatikan pengurus DPD Partai Demokrat Jawa Timur, seluruh kader partai segitiga mercy, juga akan hadir di tengah rakyat. “Karena bagi Demokrat, buka rakyat untuk partai politik, tapi partai politik untuk rakyat,” katanya berapi-api.
Hinca juga memastikan, kerja politik partainya yang akan dimulai hari ini, berkaitan dengan kerja politik di seluruh Indonesia. “Kita full tim hadir di sini. Kemarin saya lapor ke Pak SBY izin mau menemui Pakde Karwo (Soekarwo), beliau bilang: Salam untuk rakyat Jatim.”
Terkait kekalahan Demokrat di 2014, Hinca berdalih, partainya hanya beristirahat sejenak dan kembali siap tempur di 2019. “Kongres IV di Surabaya 2015 lalu disepakati, konteks kami untuk rakyat, Demokra beri peduli dan solusi.”
“Nah, bagaimana dengan pemerintahan, kita 10 tahun memerintah cukup baik, kami tetap di landasan pacu, kami ingin pitstop dulu sejenak. Lalu bersiap kembali ke landasan pacu. Kami menyiapkan diri di percaturan politik 2019. Misalnya terukur dan bisa diikuti, di situlah kami peduli dan beri solusi,” tutup Hinca.
Sementara Ketua DPD Demokrat Jawa Timur Soekarwo menambahkan, mulai hari ini partainya akan memperkuat komitmen merebut kemenangan di Pemilu 2019.
“Kami ingin memperkuat komitmen kader dalam rangk 2019. Targetnya menang. Kalau 50 sampai 100 persen, mungkin gak. Ya itu target Demokrat di Jawa Timur,” singkat Soekarwo, yang juga Gubernur Jawa Timur.(bl/r7)
 
 

Loading...

baca juga