D-ONENEWS.COM

Diakhir Acara SNS 2018, Para Delegasi Diajak Berwisata Air Menyusuri Kalimas

foto : Delegasi SNS 2018 susuri Kalimas Surabaya dengan menggunakan perahu hias

Surabaya,(DOC) – Presiden Global Entrepreneurship Network (GEN), Jonathan Ortman beserta beberapa perwakilan delegasi negara-negara asing, resmi menutup Surabaya Nation Summit (SNS) 2018 yang digelar di ballroom lantai 4, Grand City Mall Surabaya, Sabtu(17/11/2018) petang.

Setelah prosesi penutupan, Presiden SNS dan para delegasi diajak berwisata air menyusuri sungai Kalimas Surabaya, dari dermaga Monument Kapal Selam (Monkasel) menuju dermaga Siola.

Para delegasi peserta SNS ini, nampak kagum dengan keindahan Kalimas Surabaya pada malam hari, yang dipenuhi dengan gemerlap cahaya lampion berwarna-warni.

Mereka yang menyusuri Kalimas dengan menggunakan perahu wisata, sangat menikmati acara ini. Bahkan mereka sangat terkesan melihat pernak-pernik hiasan lampu yang terpasang di sepanjang dermaga Monkasel sampai dermaga Siola.

“Perjalanan menyusuri sungai merupakan pengalaman pertamanya dalam hidupnya. Saya sangat terkesan, apalagi melihat lampu-lampu lampion di atas sungai yang sangat cantik,” ucap Jonathan.

Ucapan sama juga disampaikan oleh delegasi asal United State, Kim Bettcher, yang mengaku berkesan dengan wisata air ini.

“Sungguh menyenangkan dan aku menikmatinya,” ungkap Bettcher.

Begitupula dengan apa yang disampaikan oleh delegasi asal India, Yhatin Thakur. Menurut Yathin, sungai disini sangat bersih sehingga nampak elegan jika dipasangi hiasan lampu lampion.

“Pemandangan yang sangat cantik dan romantis. Kuabadikan momen ini untuk aku ceritakan buat anak serta teman-temanku di India,” ujarnya.

Saat tiba difinish dermaga Siola, para delegasi SNS 2018 mendapat jamuan makan malam di jembatan gantung Siola lantai 3. Disini mereka kembali menikmati pemandangan cantik jalan Tunjungan di malam hari. Bahkan delegasi asal Taiwan, Gary Gong menyatakan bahwa kota Pahlawan ini, sangat romantis dimalam hari.

“Dua hari saya disini, kurasa ini tempat paling bagus. Pemandangan yang sangat cantik,” ungkapnya.

Sembari menikmati jamuan makan malam, beberapa delegasi juga meninjau aktivitas anak muda di koridor.

Jonathan Ortman yang juga meninjau koridor, kembali mengatakan, tempat ini merupakan kunjungan kedua di koridor. Kepada para delegasi, ia menyampaikan, bahwa para anak muda Surabaya yang ingin memulai sesuatu, bisa menuangkan idenya di tempat ini.

Hanya saja, lanjut Dia, anak muda Surabaya ditantang lebih peka mengenali banyak masalah di sekitarnya dan menemukan solusinya.

“Terpenting harus mencoba banyak cara untuk menemukan jalan keluar yang terbaik dalam mengatasi masalah,” tandas Jonathan.

Usai makan malam, beberapa delegasi sempat memborong beberapa produk UKM yang disediakan di gedung Siola lantai satu.

Produk yang diborong yakni batik, aksesoris hiasan, makanan dan minuman.

“Saya beli krupuk, brownies cookies, sambal dalam kemasan yang cantik dan batik,” ungkap George Makris delegasi asal Australia yang memborong beberapa produk UKM karena penasaran rasanya.

Rencananya, Minggu(18/11/2018) besok, para delegasi SNS 2018 akan kembali disuguhi acara ‘Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan’ edisi spesial yang menampilkan pertunjukan fashion, kuliner dan beberapa atraksi menarik lainnya.

Beberapa artis dan comedian akan hadir menghibur para delegasi SNS serta warga Surabaya, yakni Arafah Rianti, Dennis Adhiswara dan Ernest Prakarsa. Acara ini akan digelar nonstop mulai pukul 06.00 Wib, sampai pukul 21.00 Wib, Minggu(18/11/2018).

“Konsepnya berbeda karena ini edisi spesial. Kalau wisata air tadi, Pemkot memang sengaja ingin membuat nyaman para delegasi saat menyusui Kalimas, dengan menghias sungai dengan berbagai cahaya lampu dan menyediakan 29 perahu serta 200 pelampung,” Tandas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Antiek Sugiharti.(hm/robby/r7)

Loading...

baca juga