Dinkes Jatim Fokus Tangani Stunting di 11 Daerah

Surabaya (DOC) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur akan memfokuskan penanganan stunting di 11 daerah yang termasuk dalam 100 kabupaten se Indonesia dengan angka stunting tertinggi.

“Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013 terdapat 100 kabupaten di Indonesia yang memiliki angka stunting cukup tinggi, dan 11 diantaranya ada di Jawa Timur,yaitu Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Probolinggo, Bondowoso, Jember, Malang, Trenggalek, Nganjuk dan Lamongan,” kata Kepala Dinkes Jatim, Kohar Hari Santoso.

Ia menjelaskan hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) 2017, prevalensi stunting di Jawa Timur turun signifikan dari lima tahun lalu sebesar 32,7 persen menjadi 26,7 persen. Angka ini sedikit lebih rendah dibanding angka nasional yaitu 27,5 persen. Namun Jawa Timur tetap termasuk daerah yang bermasalah stunting karena masih diatas batasan 20 persen.

“Pemetaan stunting dilakukan melalui kegiatan Bulan Timbang pada Februari dan Agustus. Melalui pencanangan gerakan ‘Menjamin Ibu Hamil Cukup Gizi untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan yang Berkualitas Agar Ibu Selamat, Bayi Sehat’, kami yakin dengan pemenuhan gizi seimbang masalah stunting dapat diatasi,” tandasnya.(kj/gus)