EVALUASI TAHAPAN PENCALONAN PEMILU 2019, KPU JATIM GELAR RAPAT BERSAMA KABUPATEN/ KOTA

Pelaksanaan Rapat Evaluasi Tahapan Pencalonan (11/10/2018)

 

Kediri, kpujatim.go.id- Evaluasi tahapan pencalonan pemilihan umum (pemilu) tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar rapat bersama 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. Rapat Evaluasi ini dilaksanakan di gedung BKD Kota Kediri, jalan Himalaya Nomor 4, Kediri. Mulai hari ini, Kamis jam 2 sore sampai dengan besok hari Jum’at (11 – 12/10).

Peserta terdiri dari Divisi Teknis dan operator Sistem Informasi Pencalonan (SILON) KPU Kabupaten Kota. Sementara hadir dari KPU Jatim, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, Anggota KPU Jatim, Choirul Anam, Muhammad Arbayanto, dan Rochani, serta Sekretaris KPU Jatim, Muhammad Eberta Kawima.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito dalam sambutannya menuturkan tujuan rapat kali ini yakni untuk mengevaluasi masalah-masalah yang muncul pada tahapan pencalonan pemilu 2019. “Hari ini Kita akan mencoba evaluasi tahapan pencalonan sebelumnya dan permasalahan yang muncul pada proses tersebut,” kata Ketua KPU Jatim (11/10/2018).

Eko mengimbuhkan, “Selain itu juga akan membahas tugas Divisi Teknis karena adanya perubahan Divisi sebagaimana pada SE 1170”.

Berikutnya, Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto di dalam pengarahannya menyampaikan jika evaluasi yang dilakukan saat ini tidak menimbulkan kebijakan yang mengikat. “Ini sifatnya review setelah tahapan pencalonan,” ujarnya.

Menurut Arba, dalam tahapan pencalonan, permasalahan yang terjadi di Jawa Timur ini terhitung rendah secara nasional. “Di Jawa Timur tidak ada sengketa dalam tahapan pencalonan,” tutur Arba.

Usai mendapatkan materi dari Divisi Teknis KPU Jatim, peserta pada malam hari juga akan mendapatkan materi dari Anggota Bawaslu Jatim, Ikhwanudin Alfianto.

(AACS)