D-ONENEWS.COM

Gara-gara Pandemi Masyarakat Indonesia Kembali Mengangkat Jamu Tradisional

Jakarta (DOC) – Masyarakat berupaya menghidupkan kembali budaya atau kearifan lokal, seperti jamu tradisional yang berkhasiat dalam meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu (31/10) malam.

“Masyarakat kembali berupaya menghidupkan kearifan lokal seperti mengangkat lagi jamu-jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh yang sangat dibutuhkan dalam situasi pandemi ini,” kata Jokowi, seperti dilansir Kompas.com, Minggu (1/11).

Menurut Jokowi, pandemi tak menjadi penghalang bagi insan pegiat seni dan budaya untuk tetap berkreasi. Ia menilai, justru saat ini seniman makin kreatif lantaran berhasil merespons situasi krisis.

Jokowi mengatakan, ketika menghadapi pandemi Covid-19 memori budaya masyarakat tangguh bencana kembali hidup.

Ia menambahkan lebih dari delapan bulan masyarakat terus memupuk rasa solidaritas, gotong royong dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi.

Dalam sejarah terbentuknya bangsa Indonesia, sikap optimistis dan pantang menyerah terbentuk dari tantangan alam dan kondisi geografis Nusantara. Terlebih, ia mengatakan, Indonesia juga berdiri di atas cincin api yang membuat harus selalu siap siaga dalam menghadapi bencana.

Selama berabad-abad, kata Presiden, masyarakat Indonesia berusaha bersahabat dengan semua tantangan itu dan menjaga harmoni dengan alam lingkungan, membangun kebudayaan dan nilai-nilai keutamaan di atasnya.

“Itulah yang membuat bangsa Indonesia tangguh, menghargai perbedaan, kreatif, dan kaya budaya,” tuturnya.

“Mari kita terus berkarya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mari terus menggali kearifan lokal untuk memperkuat kemampuan kita dalam menghadapi bencana. Mari kita terus menjaga bumi kita dengan sehormat-hormatnya,” kata Jokowi. (kc)

Loading...

baca juga