D-ONENEWS.COM

Gelar Mudik Gratis 2020, Jasa Raharja Rogoh Rp22 Miliar

Jakarta (DOC) – Perusahaan asuransi pelat merah, PT Jasa Raharja (Persero), menggelontorkan uang lebih dari Rp 22 miliar untuk mengadakan mudik gratis BUMN. Uang ini berasal dari dana penanggulangan kecelakaan yang dimiliki perusahaan.

“Tahun lalu, anggarannya Rp 21 sampai Rp 22 miliar, karena tahun ini jumlah penumpang naik, jadi pasti di atas itu,” kata Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo, seperti dilansir dari Tempo, Rabu (11/3).

Uang ini akan digunakan untuk mengangkut 44 ribu pemudik secara cuma-cuma alias gratis. Meski demikian, Budi memastikan anggaran ini telah disetujui dalam RKAP alias Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan. Selain itu, anggaran ini jelas pertanggungjawabannya.

Tahun ini, 107 BUMN, termasuk Jasa Raharja, terlibat untuk mengadakan mudik gratis BUMN. Targetnya, jumlah penumpang yang diangkut mencapai 275 ribu orang, naik 10 persen dari tahun lalu yang mencapai 250 ribu. Para pemudik diberangkatkan dari 83 kota keberangkatan dan 109 kota tujuan.

Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Kementerian BUMN, Dewi Ariyani mengatakan program mudik gratis ini merupakan salah satu strategi Jasa Raharja. Sebab, mudik gratis menggunakan transportasi publik bisa menekan angka kecelakaan.

Jika angka kecelakaan berhasil ditekan, maka biaya klaim yang harus dikeluarkan Jasa Raharja semakin berkurang. “Itu sebabnya anggaran yang digunakan adalah dana penanggulangan kecelakaan,” kata dia.

Kementerian BUMN pun, kata Dewi, tidak membatasi sumber anggaran yang digunakan BUMN untuk mudik gratis, Dana bisa berasal dari sponsor, kas operasional bisnis, hingga dana Corporate Social Responsibility (CSR). Namun, Dewi mengaku harus mengecek terlebih dahulu berapa dana mudik gratis yang disiapkan oleh 107 BUMN yang terlibat tahun ini.(tc)

Loading...

baca juga