D-ONENEWS.COM

Gempa Tak Berpotensi Tsunami Terjadi di Bantul dan Kaimana

Ilustrasi

Jakarta,(DOC) – Badan Meterolegi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir terjadinya gempa bumi bermagnitudo 5,1 yang sempat menggoyang Bantul Provinsi DI Yogyakarta (DIY), Sabtu(10/8/2019) malam sekitar pukul 20.26 WIB, tepat di malam takbir hari raya Idul Adha.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan lokasi gempa berada di 8.81 Lintang Selatan,110.08 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer atau berjarak 105 kilometer barat daya DIY.

Gempa juga dirasakan di Sanden Bantul, Kota Yogyakarta, Giri Mulyo, Maguwoharjo Sleman, II-III MMI, Cilacap, Ponorogo, Pacitan, Purworejo II.

Sejumlah warga merasakn guncangan gempa yang cukup kuat, bahkan sempat keluar rumah menghindari kemungkinan barang yang jatuh..

Sementara itu dalam waktu yang hampir bersamaan, gempa bumi berkekuatan 3,5 Skala Richter juga mengguncang Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, sekitar pukul 21.52 WIT, Sabtu(10/8/2019) malam.

Gempa di Kabupaten Kaiman juga tak berpotensi tsunami. Informasi dari stasiun geofisika BMKG Sorong, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 3.58 lintang selatan dan 133.42 bujur timur yang berjarak 40 km Barat Laut kabupaten Kaimana dengan kedalaman 14 km.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat Sesar aktif. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.Hingga kini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” keterangan BMKG di akun twitternya.(r7)

Loading...

baca juga