D-ONENEWS.COM

Gubernur Khofifah Gelar Takbiran Online, Berharap Warga Menang Melawan Covid-19

Surabaya,(DOC) – Pada masa pandemic Covid-19 hampir seluruh aktifitas kehidupan dilakukan secara online. Begitu juga dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri, 1441 Hijriyah yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di gedung Negara Grahadi, pada Sabtu(23/5/2020) malam.

Mengundang Forkopimda Jawa Timur, Ketua DPD RI, La Nyala Mattaliti, beberapa kepala daerah se Jatim dan perwakilan negara di 5 benua, Gubernur Khofifah menggelar takbiran online dan parade tabuh bedug masjid.

Perayaan ini, merupakan acara pengganti peringatan malam Hari Raya Idul Fitri yang setiap tahunnya digelar secara meriah di Masjid Agung Al Akbar Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Khofifah menyatakan, para muslimin di Jawa Timur setelah berhasil menahan hawa nafsu selama ramadhan, diharapkan juga bisa memenangkan peperangan melawan virus corona.

“1 Syawal 1441 Hijriyah, Insya Allah kita sudah memenangkan hawa nafsu dengan selesai melaksanakan puasa di bulan ramadhan. Jika kita sudah memenangkan hawa nafsu, Insya Allah doa kita dikabulkan untuk memenangkan melawan Covid-19,” kata Khofifah.

Khofifah juga meminta kepada masyarakat untuk tidak menggelar takbir keliling dan tidak melakukan silahturrohmi dengan bertamu ke rumah kolega dan kerabat, seperti tradisi lebaran pada tahun-tahun sebelumnya.

“Silaturrohmi bisa dilakukan secara daring, untuk membantu pemerintah memutus mata rantai penularan virus corona,” imbaunya.

Sementara itu, takbiran online ini di akses oleh para tenaga medis yang bertugas merawat pasien Covid-19 di sejumlah  Rumah Sakit rujukan.

Satu – persatu para tenaga medis di ajak komunikasi jarak jauh melalui video conference dengan para tamu undangan, agar masyarakat bisa mengetahui secara langsung, bagaimana perjuangan mereka merawat para pasien.

“Kami tenaga kesehatan dokter Soetomo tetap semangat. Di malam takbiran seperti ini kami tidak kuat tidak bertemu keluarga. Kami juga kangen bertemu keluarga. Demi kalian kami disini. Cukup kalian di rumah saja,” ucap para tenaga medis RSU dr. Soetomo, saat video conference dengan Gubernur Khofifah dan para tamu undangan.(hadi).

Loading...

baca juga