D-ONENEWS.COM

Hari Pahlawan, Google Pajang Sosok Ismail Marzuki

Jakarta (DOC) – Tokoh pejuang Indonesia kembali tampil di halaman utama mesin pencari Google. Pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021, Google Doodle memajang gambar kartun Ismail Marzuki.

Beberapa hari lalu, laman Google memajang tokoh pejuang wanita Indonesia, Roehana Koeddoes alias Ruhana Kuddus. Kini, Google memajang gambar Ismail Marzuki.

Ismail Marzuki adalah komponis besar Indonesia. Tak heran, dalam tampilan laman mesin pencari google, Ismail Marzuki tampil dengan biola.

Ismail Marzuki ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional pada tahun 2004. Namun, sebelum dianugerahi gelar pahlawan nasional, pemerintah telah memberikan berbagai penghargaan atas jasa Ismail Marzuki.

Dikutip dari Kontan, Rabu (10/11), pada 10 November 1968, Pemerintah Indonesia menghormati warisannya dengan meresmikan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Kini TIM atau Taman Ismail Marzuki menjadi pusat kegiatan seni dan melahirkan banyak seniman-seniman terkenal.

Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Jakarta Pusat, Indonesia pada 11 Mei 1914, ketika wilayah itu berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda. Merujuk Wikipedia, nama asli Ismail Marzuki adalah Ismail. Sedangkan Marzuki adalah nama bapaknya.

Walhasil, nama lengkapnya adalah Ismail bin Marzuki. Kebanyakan orang memanggil nama lengkapnya sehingga terkenal menjadi Ismail Marzuki. (ktn)

Loading...