D-ONENEWS.COM

Ini Target ESI Jatim di Kejurprov Esports Kota Blitar

Blitar,(DOC) – Esports Indonesia (ESI) Provinsi Jawa Timur menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) di Alun-alun Kota Blitar. Acara ini berlangsung selama 4(empat) hari, mulai 18 – 21 Juni 2023.

Ketua Harian ESI Jawa Timur, Daniel Agung mengatakan, ada alasan khusus mengapa Kejurprov tahun ini di gelar di Blitar. Kota ini, lanjut Daniel, merupakan tempat yang menyimpan banyak sejarah sang proklamator, Soekarno atau Bung Karno.

Terlebih, ajang ini di gelar di bulan Juni yang erat kaitannya dengan Bulan Bung Karno. Daniel ingin ajang ini sekaligus bisa menumbuhkan nasionalisme para atlet.

“Tujuan diselenggarakan di Blitar ini, selain kesediaan tuan rumah, tapi di sana juga kita punya harapan atlet esports bisa mengenang tokoh besar seperti Bung Karno, dan nantinya mereka bisa membawa meraih emas dan membawa nama Jawa Timur,” kata Daniel usai membuka Kejurprov di Alun-alun Kota Blitar, Minggu(18/6/2023).

Selain itu, acara ini juga di selenggarakan untuk mencari bibit atlet yang akan berlaga di PON 2024. Daniel menargetkan, para atlet cabang olahraga Esports bisa menyumbang emas bagi Jawa Timur.

“Tentu kita memiliki target di PON nanti. Untuk awal kita punya target 2 emas di PON. Sehingga Kejurprov ini dan nantinya ada Porprov itu akan jadi sangat penting untuk pembibitan dan mencari potensi atlet terbaik,” lanjut Daniel.

Tak hanya pembukaan Kejurprov saja, ESI Jawa Timur juga menggelar Rapat Koordinasi Provinsi (Rakorprov). Di mana hasilnya untuk perbaikan kepengurusan esports dalam satu tahun ini.

“Di Rakerprov ini ada 26 kabupaten/lota yang hadir dan kita membahas mengenai Rakernas 2023, Kejurprov 2024, serta evaluasi pengurus dan roda organisasi,” imbuh Daniel.

Daniel menegaskan, dalam Rakorprov ini juga membahas mengenai liga yang nantinya di gulirkan oleh PBESI. Namun, hal itu masih menunggu arahan dari pengurus pusat.

“Jadi tadi kita juga menyampaikan terkait Liga, supaya kabupaten/kota juga bersiap. Karena nanti juga kita tidak menutup kemungkinan menggelar Liga dengan skala provinsi,” ujar Daniel.

Dari serangkaian pembukaan Kejurprov ini, ESI Jawa Timur bersama ESI Kota Blitar menutup kegiatan dengan menggelar talkshow dengan tema ”Esports: Antara Stigma, Industri dan Prestasi”.

Seperti di ketahui untuk game yang di pertandingkan di Kejurprov kali ini adalah Wild Rift, Free Fire yang di selenggarakan pada 19 Juni 2023. Kemudian ada Mobile Legends Bang Bang dan e-Football di tanggal 20 Juni 2023. Selanjutnya di hari terakhir tanggal 21 Juni 2023 mempertandingkan PUBG Mobile.(ang)

Loading...

baca juga