D-ONENEWS.COM

Kampanye 3M dan Pemulihan Ekonomi Jatim, Khofifah Gowes Keliling Daerah

Banyuwangi,(DOC) – Banyuwangi dan Jember menjadi sasaran Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk melakukan kampanye 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, sekaligus upaya pemulihan ekonomi pasca masa pandemi Covid-19.

Kampanye 3M dan pemulihan ekonomi dilakukan Khofifah dengan cara bersepeda keliling (gowes) bersama para Muspika Kabupaten/Kota setempat.

Di Banyuwangi, selain bagi-bagi masker, Khofifah yang gowes bersama Sekda Prov Jatim Heru Tjahyono dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, juga menyalurkan bantuan di Lorong Bambu Taman Blambangan, Banyuwangi. Kurang lebih 12.062 bidang sertifikat Program Strategis Nasional dari Instansi Pemerintah dan Lembaga Keagamaan ke sejumlah perwakilan masyarakat.

Di Jember, Khofifah bersama rombongan singgah di sejumlah titik seperti di Pasar Buah Gebang, RRI Jember, dan juga Pasar Tanjung Jember. Pada kesempatan itu, Khofifah juga menyebar masker kain ke warga dan bagi-bagi sembako kepada para tukang becak dan warga tak mampu.

“Intinya tak henti kita ingin sampaikan ajakan untuk pakai masker. Penyebaran Covid-19 belum berhenti. Maka cara terbaik melindungi diri adalah disiplin dan patuh protokol kesehatan,” katanya.

Ia sempat menyinggung terkait Jawa Timur yang sempat mengalami peningkatan kasus baru saat liburan panjang dua pekan lalu. Peningkatan kasus baru ini mencapai 5 persen. Meski peningkatan ini menjadi yang terkecil diantara provinsi besar lain di Pulau Jawa, namun Khofifah tegas mengingatkan bahwa ini bukti bahwa penyebaran virus belum berhenti dan masyarakat harus tetap waspada.

Upaya untuk tetap menjaga agar warga sehat ekonomi kuat harus terus dilakukan. Sehingga Khofifah menekankan agar menjaga masyarakat sehat, ekonomi kuat terus dijaga seluruh pihak. Karenanya, Khofifah tak henti mengajak masyarakat untuk membeli produk UMKM lokal, sebagai langkah memulihkan ekonomi. Sebab penyumbang PDRB Jawa Timur terbanyak adalah sektor UMKM. Dan sektor ini menjadi salah yang paling terdampak selama pandemi covid-19.(fadiv)

Loading...

baca juga