D-ONENEWS.COM

RS Lapangan Covid-19 di Jalan Indrapura Diresmikan Kepala BNPB

Foto: Kepala BNPB resmikan RS Lapangan dengan ditandai pecah kendi. Hadir Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Surabaya,(DOC) – Rumah Sakit (RS) Lapangan untuk darurat Covid-19 milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur diresmikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, Selasa(2/6/2020). RS Lapangan Covid-19 tersebut berada di area Gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan di Jalan Indrapura 17 Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto nampak hadir didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Kapolda Jatim Irjen Pol Muhammad Fadil Imran dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah.

“Kami sangat senang dengan gagasan mendirikan rumah sakit lapangan ini,” kata Doni Maonardo disela  acara peresmian RS Lapangan.

Menurut Doni, rumah sakit lapangan in sangat strategis mengingat pengalaman di DKI Jakarta. Pasien sedang dan ringan yang dirawat di rumah sakit lapangan membantu mengurangi beban rumah sakit rujukan.

“Pak menteri kesehatan selalu mengatakan jangan biarkan rumah sakit penuh oleh pasien. Kalau rumah sakit penuh dengan pasien, dokternya akan kelelahan sehingga kemampuan menangani pasien akan berkurang. Oleh karena itu pasien ringan dan sedang cukup dirawat di rumah sakit lapangan,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto mengatakan pihaknya berharap rumah sakit darurat ini bisa digunakan untuk penanganan warga yang terpapar Covid-19.

“Saya berdoa rumah sakit ini tidak banyak penghuninya dan yang lebih penting kita sudah mempersiapkannya dan mendoakan supaya tidak perlu diperbanyak,” ujarnya.

Ia berharap kasus Covid-19 di Jatim segera turun karena protokol kesehatan sudah diterapkan dengan baik oleh warga Jatim.

“Saya percaya usaha ini diridhoi oleh Allah SWT. Kami juga akan ikut berada di tengah masyarakat Jatim. Apa yang dirasakan di sini juga kami rasakan,” katanya.

Seperti di ketahui, bahwa RS Lapangan ini mampu menampung pasien maksimal 500 orang, khusus untuk merawat pasien ringan dan sedang.(div)

Loading...

baca juga