D-ONENEWS.COM

Kampus UI Depok Lumpuh Didemo Mahasiswa dan Tukang Ojek

Depok (DOC) – Kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok lumpuh akibat didemo para mahasiswa bersama tukang ojek, Senin (15/7/2019). Aksi demonstrasi dipicu penerapan secure parking yang dipasang di seluruh akses menuju kampus UI Depok. Pada hari pertama uji coba penerapan sistem ini, sejumlah akses masuk menuju UI macet panjang.

Tidak hanya mahasiswa, para pengemudi ojek pangkalan di kawasan tersebut pun meramaikan aksi itu. Salah satu Mahasiswa Universitas Indonesia, Manik Margana Mahendra mengatakan, penerapan parkir ini perlu dikaji lagi. Sebab adanya secure parking ini membuat macet di sejumlah ruas jalan yang mengakses ke UI.

“Kita ingin membuat peraturan ini dikaji, coba liat tadi pagi itu macet panjang sampai fly over Kelapa Dua Cimanggis,” ujar Manik.

Ia mengatakan, secure parking juga memberatkan para mahasiswa.

“Memberatkan semua mahasiwa ini, secara kita kan udah uang kuliah mahal. Masa parkiran juga mahal,” ucapnya.

Salah seorang pengojek, Heru (62), mengaku resah dengan adanya penerapan tarif parkir tersebut. Menurut informasi, tarif yang akan diberlakukan untuk mobil seharga Rp 4.000 hingga Rp 6.000. Kemudian, motor dikenakan tarif Rp 2.000 untuk satu jam pertama, dan tiap jam selanjutnya dikenakan tarif Rp 1.000 hingga maksimal Rp 4.000.

“Saya kan cari makan dari sini (UI) kalau bayar masuk ke UI malah beratin kita dong para ojek pangkalan,” ujar Heru.

Heru yang sudah dua puluh tahunan bekerja menjadi ojek pangkalan di Universitas Indonesia mengatakan, penerapan tarif parkir ini merugikan banyak orang, khususnya ojek pangkalan.

“Kita kan bukan karyawan yang punya gaji bulanan, sumber hidup kehidupan kita dari ojek pangkalan. Kita menyekolahkan anak, memberi nafkah anak dari sini (ojek pangkalan). Kalau dari sini aja kita bayar masuknya, yang ada kita tekor dong,” kata Heru.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga