D-ONENEWS.COM

KASAD Dudung Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Semeru, TNI Siap Bantu Relokasi

Lumajang, (DOC) – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau lokasi terdampak bencana erupsi Gunung Semeru, Senin (13/12/2021) siang.

Dalam kunjungannya Jendral TNI Dudung Abdurachman meninjau langsung posko pengungsian di lapangan Candipuro, Kecamatan Candipuro.

Dalam kunjungannya KASAD memberikan bantuan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru yang berada di posko pengungsian.

Bahkan, Kasad juga sempat bertepuk tangan mengiringi lagu yang dinyanyikan anak-anak bersama relawan. Usai meninjau posko pengungsian Jendral TNI Dudung melihat langsung Dusun Kampung Renteng, Kecamatan Sumberwuluh.

Tiba kampung Renteng Desa Sumberwuluh yang sebagian besar tertutup oleh lahar dingin dan saat melihat kegiatan prajurit TNI Polri bersama Basarnas maupun relawan sedang melaksanakan pencarian korban di kampung tersebut. Kasad sempat melihat Tim gabungan berhasil menemukan 1 jenazah atas nama Mujiani (55).

Kemudian KASAD JGA meninjau kegiatan Yonzipur 10/Divif 2 Kostrad yang membersihkan timbunan pasir di jalan nasional menuju Gladak Perak dilanjutkan mengunjungi Posko Yonif 527/BY di SD Negeri 1 Candipuro.

Pada akhir kunjungannya Kasad dan Ketua Umum Persit memberikan bantuan paket makanan kepada 292 orang pengungsi dan memberikan bantuan kepada santri Pondok Pesantren Ulul Albab Candipuro yang secara simbolis diterima oleh pengasuh Pondok Pesantren KH. Fahrur Rozi.

Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, kedatangan ke Lumajang ini untuk mengecek kesiapan posko-posko dan cek para pengungsi korban erupsi gunung semeru. “Kami cek sudah ada posko baik di Kodim maupun di posko-posko lainnya. Kesiapan posko disini sudah lengkap terdukung baik dari TNI angkatan darat maupun dari kepolisian,” ujarnya.

Kami juga mengecek para pengungsi begitu senang, bahagia karena memang betul-betul sudah terlayani,” ungkapnya kepada sejumlah awak media

Dudung menyebutkan, telah mempersiapkan alat berat dan personel untuk membantu merelokasi pengungsi bencana Gunung Semeru.

Saat ini, pihaknya tengah menunggu instruksi dari Pemerintah Kabupaten Lumajang terkait waktu dan lokasi relokasi korban bencana Gunung Semeru. “Tinggal menunggu komando dari Bupati, dimana lokasinya kita langsung main. Memang ini harus segera, kalau terlalu lama di pengungsian juga ini akan tidak bagus untuk kesehatan,” jelasnya.

Ia berharap masyarakat juga untuk tetap memahami situasi saat ini dan tetap waspada. “Saya sampaikan kepada Danrem sebagai Dansatgas kepada Pangdam, sekecil apapun kesulitan-kesulitan masyarakat TNI-Polri harus hadir di tengah-tengah mereka,” ungkap Jendral TNI Dudung. (Imam)

Loading...

baca juga