D-ONENEWS.COM

Kemensos Bantu Aktivasi Akses Perawatan Medis Anak PMI yang Menderita Gangguan Jantung

Purwakarta,(DOC) – Pemulangan 34 Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) dari Arab Saudi mendapat pengawalan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial. Bantuan pendampingan akan di berikan sampai proses permasalahan selesai. Ini merupakan tindak lanjut atas kunjungan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini ke Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Nia(40) salah satu PMIB yang tengah menghadapi permasalahan mendapat asesmen dari UPT Kementerian Sosial (Kemensos) yakni Sentra Handayani Jakarta. Mengingat anak Nia yang bernama Salsa Ramayanti (8) terdiagnosa mengidap gangguan jantung dan orang tuanya mengalami kendala dalam pengobatan Salsa.

“Penyebabnya karena ketiadaan biaya. Kartu BPJS Kesehatan yang di pegangnya belum terbayar dan jumlah tunggakannya cukup besar,” kata Kepala Sentra Handayani Anna Puspasari di Jakarta, Senin(20/06/2022).

Bantuan kepada Nia, sambung Anna, Sentra Handayani telah menjemput dan membuka akses layanan kesehatan Salsa agar mendapatkan penanganan lebih intensif. Kemensos juga membayarkan tunggakan BPJS, agar Salsa bisa melanjutkan pengobatan penyakit jantungnya.

Kini warga Kabupaten Purwakarta tersebut tinggal di Sentra Handayani Jakarta sambil menunggu pengaktifan kembali layanan BPJS-nya. “Salsa harus segera mendapat perawatan medis. Karena sudah sangat mengkhawatirkan, kita harus bantu juga pengurusan BPJS, keanggotaan PKH, serta keberlanjutan pendidikannya,” kata Anna.

Selain bantuan akses layanan kesehatan, Kemensos melalui Sentra Handayani juga memberikan bantuan modal kewirausahaan berupa usaha sosis bakar dan bakso goreng. “Ibu Nia akan meneruskan kegiatan wirausaha di Sentra Kreasi Atensi (SKA) Bambu Apus. Pertimbangannyaa agar Nia juga bisa mendampingi Salsa dalam penjalani pengobatan,” kata Anna.

Atas berbagai bantuan dan kemudahan dari Kemensos, Nia menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih. “Alhamdulillah, akhirnya saya bisa bawa anak saya ke Jakarta untuk berobat berkat bantuan Kemensos. Selama ini saya bingung. Terima kasih Kemensos,” ucap Nia.

Permasalahan Nia tidak lepas dari pendampingan selama proses pemulangan 34 PMIB dari Arab Saudi. Seluruh UPT milik Kemensos langsung memproses asesmen untuk mengetahui identitas, kondisi, serta kebutuhan PMIB.

Sentra Handayani di Jakarta, melakukan asesmen terhadap beberapa PMIB yang berdomisili dari Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta. Nia adalah PMIB dari Purwakarta yang sudah 4 kali pulang pergi bekerja di Arab Saudi.

Nia memiliki 3 anak, satu di antaranya sudah menikah. Adapun Salsa adalah anak ketiga. Suami Nia bekerja sebagai petani dan pekerjaan serabutan lainnya. Nia tidak ingin kembali bekerja di luar negeri karena kondisi fisik Salsa yang kian mengkhawatirkan. “Saya kapok,” kata Nia ketika di tanya apakah ingin kembali bekerja ke luar negeri.

Salsa di ketahui mengidap gangguan jantung sejak berusia 3 tahun. Ia sering terlihat terengah-engah saat bernafas. Tidak bisa bermain seperti anak lainnya karena ia akan merasa lemas apabila terlalu banyak beraktifitas.

Dalam pemeriksaan ke Puskesmas, terdapat flek pada jantung Salsa. Karena tidak mendapatkan perawatan intensif, Salsa pernah mengalami demam tinggi. Mulut dan kukunya membiru, serta kesulitan bernafas saat usia 5 tahun. Ayahnya memeriksakan Salsa ke Rumah Sakit dengan memanfaatkan layanan kartu BPJS berbayar setiap bulannya.

Dokter menyatakan bahwa Salsa harus segera mendapat tindakan operasi. Namun, karena kurang lengkapnya peralatan medis di rumah sakit (RS), dokter menyarankan Salsa di rawat secara intensif di RS Jakarta dengan peralatan memadai.

Saat ini perkembangan fisik Salsa kurang optimal. Berat badannya kurang, sering merasa lemas, dan tidak bisa beraktifitas secara maksimal tanpa bantuan orang lain.

Tindakan selanjutnya, Sentra Handayani juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Supaya Salsa tetap dapat memperoleh pendidikan meski dengan kondisi dan keterbatasan yang di milikinya.(hm/r7)

Loading...

baca juga