D-ONENEWS.COM

Khofifah Akan Hidupkan Rel KA Lama Untuk Transportasi Gerbangkertasusila

Surabaya,(DOC) – Transportasi berbasis rel akan dihidupkan lagi oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa  untuk melayani masyarakat di kawasan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan (Gerbangkertasusila).

Kota dan Kabupaten tersebut nantinya akan dikoneksikan dengan transportasi kerete api (KA) yang menggunakan jalur lama yang akan dihidupkan kembali, termasuk Rel KA peninggalan Belanda.

Gubernur Khofifah menyatakan, jalur-jalur rel KA yang sudah mati dan lama tak terpakai akan dimanfaatkan kembali.

“Termasuk menghidupkan kembali rel KA yang dibangun pada zaman Belanda,” ungkapnya.

Jalur itu seperti di Babat dan Jombang. Selain itu juga akan menggunakan jenis KA yang bisa berjalan di rel dan juga bisa berjalan di non-rel. Hal ini untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di bidang transportasi.

Saya sudah menurunkan tim untuk melakukan survei terhadap kebutuhan masyarakat, seperti kejelasan jadwal keberangkatan, dan lainnya,” katanya.

Bahkan, lanjut Khofifah, ia juga sudah berkomunikasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk kebutuhan tambahan gerbong, frekuensi perjalanan, lalu jenis KA yang mirip otobus.

KA jenis tersebut untuk melayani kebutuhan masyarakat karena bisa melintas meski tidak di rel. “Jadi bisa di rel, juga bisa di non-rel. Jika tidak ada rel, keretanya bisa nyambung ke darat,” urainya.

Terkait rel KA, Khofifah menjelaskan, jalur yang dulu belum terhubung, sekarang sudah saling terhubung satu sama lain. Di antaranya, Stasiun Pasar Turi-Stasiun Gubeng. Ada pula Pasar Turi-Semut-Gubeng, dan lainnya.

Saat ini pihaknya juga telah memaksimalkan koneksitas ke Tuban-Babat Lamongan hingga Jombang. Sedangkan di Gresik nantinya juga akan dibangun stasiun.

Bupati Gresik juga telah mengizinkan dan menyiapkan stasiun yang ada untuk menjadi tempat pemberhentian, jelasnya.(div/r7)

Loading...

baca juga