D-ONENEWS.COM

Kinerja Memuaskan dan Beri Layanan Terbaik, Kemensos Borong Penghargaan

Jakarta,(DOC) – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan 4(empat) penghargaan sekaligus ke Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Penghargaan yang di serahkan di Gedung Aneka Bhakti (GAB) Kemensos, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2023) kemarin, tentang manajemen ASN secara umum.

Empat penghargaan itu terdiri dari satu penghargaan dari KASN atas Hasil Pengukuran Tingkat Kepatuhan Pelaksanaan Nilai Dasar, Kode Etik dan Kode Perilaku (NKK) melalui Instrumen Maturitas NKK (IM-NKK).

Sementara, 3(tiga) lainnya di berikan BKN atas Kategori Utama. Yakni ‘Implementasi Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) Manajemen ASN Terbaik. Peringkat 1 Kategori Pengembangan Kompetensi dan Peringkat 5 Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan Computer-Assisted Test (CAT).

Penghargaan dari KASN dan BKN ini merupakan apresiasi terhadap Kemensos dalam manajemen ASN sepanjang tahun 2023. Kemensos di nilai mampu membangun dan menyosialisasikan sistem pada seluruh ASN-nya, serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Penghargaan juga tak lepas dari kepemimpinan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam memastikan penguatan kinerja pegawai dan peningkatan layanan terhadap masyarakat. Penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran pegawai di lingkungan Kemensos RI.

Atas penghargaan itu, Mensos meminta jajarannya untuk tidak berpuas diri. Justru menjadi pemicu motivasi dirinya dan jajarannya supaya terus meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan.

“Alhamdulillah, perjuangan yang selama ini kita kerjakan, ada apresiasi untuk kami di Kemensos. Namun, ini juga jadi pemicu supaya kami tidak puas di sini. Kami akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” ujar Mensos.

Menurutnya, hal itu kerap ia tekankan kepada ASN dan Non-ASN di lingkungan Kemensos. “Itu yang terus saya sampaikan bahwa tujuan utama kita bekerja di sini adalah bagaimana kita bisa melayani masyarakat sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Hal senada di sampaikan Ketua KASN Agus Pramusinto. Menurut dia, penghargaan ini merupakan apresiasi untuk Kemensos atas kinerja yang luar biasa. “Setidaknya, hal yang kami nilai adalah bagaimana Kemensos membangun sistem. Kemudian juga di sosialisasikan dan di terapkan pada ASN di lingkungan itu,” kata Pramusinto usai penyerahan penghargaan.

Ia menyebut pengukuran tingkat kepatuhan NKK. Pada dasarnya, adalah model pengawasan yang di rancang untuk mendorong aktivasi pelaksanaan NKK oleh instansi pemerintah. Guna mencegah serta melindungi pegawai ASN dari perilaku yang tidak sejalan dengan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN.

Sebagai kelanjutan bagian akhir dari pengumuman hasil pengukuran tingkat kepatuhan NKK tersebut, KASN menyerahkan sertifikat hasil pengukuran kepada Kemensos sebagai salah satu instansi pemerintah yang memperoleh hasil predikat maksimal. Yaitu PATUH, dengan total skor 373 atau indeks 0,93.

“Penghargaan ini bukanlah akhir. Tetapi, yang penting adalah keberlanjutan layanan yang betul-betul di rasakan masyarakat,” tandasnya.

Hal ini sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo agar demokrasi berdampak pada layanan masyarakat. “Mudah-mudah dengan kepemimpinan bu Risma, layanan Kemensos betul-betul di rasakan manfaatnya,” tambah dia.

Pencapaian Kemensos ini mendapat dukungan dari Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi yang turut hadir pada penyerahan penghargaan.

Ia menyatakan bahwa capaian Kemensos merupakan proses panjang kerja keras, dedikasi dan komitmen segenap jajaran Kemensos dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pihaknya bersama anggota Komisi VIII DPR RI kerap menyaksikan langsung kinerja Kemensos di lapangan. “Saya sendiri sangat merasakan bahwa luar biasa kehadiran Kemensos melalui UPT-nya di daerah, begitu cepat merespon kasus-kasus di masyarakat,” ungkap Ashabul.

Apalagi, lanjutnya, Kemensos ini adalah kementerian yang lebih banyak fokus terhadap pelayanan-pelayanan sosial. “Oleh karena itu, saya berharap penghargaan ini menjadi pemicu dan semangat teman-teman ASN di lingkup Kemensos, untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga