D-ONENEWS.COM

Kopi Bikin Ketergantungan, Benarkah?

kopi
Jakarta, (DOC) – Suka kopi? Kalau tidak “ngopi” saja dalam satu hari mungkin Anda merasa ada yang kurang. Apakah ini tandanya Anda ketergantungan dengan kopi? Tapi, apakah benar kopi bisa membuat ketergantungan?
Sebenarnya, bukan kopi yang membuat Anda ketergantugan. Tapi, kandungan dalam kopi, yaitu kafein yang membuat Anda ketergantungan dan membuat Anda ingin “ngopi” lagi dan lagi. Kafein bisa memengaruhi sistem saraf pusat, sehingga bisa membuat Anda ingin lagi. Namun, minum kopi dalam jumlah biasa tidak akan menyebabkan Anda ketergantungan. Jadi, jangan khawatir!
Pada saat Anda baru mencoba kopi pertama kali, ini merupakan saat di mana Anda mungkin ingin mencoba kopi lagi. Khasiat kopi yang membuat lebih awas dan “melek” membuat Anda tertarik untuk mencobanya lagi.
Namun, saat Anda sudah sering minum kopi, efek kafein ini mungkin akan menjadi lebih sedikit terasa. Tubuh sudah terbiasa dengan hadirnya kafein dalam tubuh. Sehingga, Anda mungkin merasa kurang jika hanya minum satu atau dua cangkir kopi. Akibatnya, Anda akan menambah konsumsi kopi Anda lagi. Ini mungkin salah satu faktor penyebab mengapa Anda selalu ingin menambah jumlah kopi Anda lagi. Semakin sering Anda minum kopi, semakin sedikit efek kopi yang bisa Anda rasakan.
Untuk itu, sebaiknya turunkan konsumsi kopi Anda per hari, sehingga tubuh lebih sensitif lagi dengan kehadiran kafein. Dengan begitu, efek kafein pada tubuh Anda mungkin akan lebih berasa. Kurangilah konsumsi kopi Anda secara perlahan. Lagipula, terlalu banyak minum kopi juga tidak baik untuk kesehatan Anda. (and)

Loading...

baca juga