D-ONENEWS.COM

Lahan Fasum YKP Diduga Dijual Belikan, Komisi A Sidak ke Lokasi Temukan Bukti

Foto: komisi A sidak Fasum – Fasos YKP yang diduga telah diperjual belikan

Surabaya,(DOC) – Sejumlah anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya melakukan inspeksi mendadak (Sidak) lokasi Fasilitas Umum (Fasum) Yayasan Kas Pembangunan (YKP) yang berada di perumahan Rungkut Asri Timur, kelurahan Rungkut Kidul, RW 10 Surabaya. Tujuan Sidak yaitu untuk menelusuri adanya dugaan jual beli lahan Fasum oleh pengurus YKP lama.

Ketua Komisi A DPRD Surabaya, Pertiwi Ayu Krisna mengatakan, saat Sidak Komisi A mendapatkan informasi bahwa lahan Fasum tersebut sudak dikuasai PT Kharisma.

“Ternyata itu memang Fasum-Fasos terlihat dalam peta. Tapi faktanya info dari warga YKP saat hearing itu benar, bahwa lahan sudah ditempati PT Kharisma Daihatsu,” kata Ayu, Sabtu(18/01/2020).

Lahan Fasum – Fasos yang diduga diperjual belikan oleh pengurus YKP lama seluas 15 ribu meter persegi. Menurut politis Partai Golkar ini, di lahan itu sekarang nampak alat berat yang tengah membangun.

Mengenai status kepemilikan lahan, lanjut Ayu, PT Kharisma hanya mengantongi Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK) dan masih belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Seharusnya belum boleh ada aktivitas pembangunan. Itu otomatis,” tandasnya.

Anggota Komisi A, Arif Fathoni membeberkan, bahwa dari hasil Sidak nya, terdapat temuan jual beli lahan Fasum perumahan YKP sebanyak dua kali proses.

“Peralihan pertama antara YKP dengan PT MBB, kemudian dari PT MBB dijual ke PT Kharisma, dan disitu akan dibangun dealer showroom mobil Daihatsu,” paparnya.

Ia berharap lahan Fasum YKP dikembalikan ke warga, karena sekarang pengurus YKP telah beralih pengelolaan ke Pemkot Surabaya.

“Perumahan sedemikian besar tapi tidak punya gedung serbaguna, tidak punya balai RW, itu kan ironi. Dulu warga membeli rumah YKP kan harusnya lengkap dengan Fasum – Fasosnya,” tandasnya.

Dalam waktu dekat ini, Komisi A akan memanggil pihak-pihak yang saling berkaitan diantaranya: pengurus YKP, PT Kharisma, Dinas Cipta Karya dan Satpol PP pada Senin(20/1/2020). Ia bersama anggota Komisi A lainnya ingin mendengarkan secara lengkap tentang proses alih fungsi lahan dan status kepemilikannya.(robby)

Loading...