D-ONENEWS.COM

Lepas 31 ASN Purna Tugas, Wali Kota Gibran Beri Apresiasi Setinggi-tingginya

Solo,(DOC) – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melepas 31 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan memasuki masa purna tugas (pensiun) per 1 Oktober 2021.

Pelepasan tersebut dilaksanakan di Bale Tawangarum, Senin(27/09/2021), dengan memberikan secara simbolis rincian hak-hak pensiun para ASN.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Surakarta, saya mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas pengabdian bapak/ibu kepada Pemerintah Kota Surakarta,” ucap Gibran dalam kesempatan tersebut.

Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo ini, masa purna tugas atau pensiun, bukanlah akhir dari perjuangan dalam pengabdian kepada bangsa dan negara

“Masa purna tugas bukanlah akhir aktivitas, dan kreatifitas. Pengabdian kepada bangsa dan negara tidaklah berhenti karena purna tugas. Semangat dan optimisme harus tetap menyala, kontribusi seorang pensiunan justru semakin nyata diperlukan pada saat terjun langsung dalam kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Sementara Sekda BKPPD Kota Surakarta, Widiastuti Pratiwi Ningsih S.I.P, M,M. menjelaskan, 31 ASN yang sudah memasuki masa pensiun dilingkungan Pemkot Surakarta, yaitu terdiri dari pejabat struktural eselon II (kepala OPD) dua orang (Kepala BKPPD dan DPU PR), eselon III (Kabid) satu orang (Kabid Bappeda), eselon IV (kepala Kasi) 6 orang, pejabat fungsional guru dan fungsional lainnya 11 orang.

“Rincian penerimaan tunjangan hari tua serta rincian pensiun yang akan diterimakan secara non tunai akan diserahkan melalui bank mitra bayar yang telah ditunjuk masing – masing terhitung tanggal 1 Oktober 2021,” jelas Pratiwi

Terkait layanan pensiun, saat ini PT Taspen tidak lagi menerbitkan Karip,tapi sebagai gantinya, diterbitkan pensiunan SIM Card yang dapat difungsikan sebagi ATM. “SIM Card tersebut tentunya diserahkan pada PNS melalui bank mitra bayar masing – masing beberapa bulan setelah pensiun,” tambahnya.

Selain itu, bagi ASN yang sudah purna tugas dan tercatat sebagai warga Surakarta, juga akan menerima Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk yang telah disesuaikan jenis pekerjaaannya yaitu Pensiunan. “Dari 31 pensiunan tersebut, 15 orang diantaranya merupakan warga Kota Surakarta,” katanya.(jj/r7)

 

Loading...

baca juga