D-ONENEWS.COM

Longsor Putus Akses Jalan Menghubungkan Dua Dusun di Lumajang

Lumajang,(DOC)-Bencana tanah longsor terjadi di Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang. Akibatnya kejadian itu, akses jalan penghubung dua Dusun yakni Dusun Kebonan dan Dusun Mujur 2 terputus total.

Menurut warga Desa Lempeni, bencana tanah longsor itu disebabkan adanya curah hujan yang sangat tinggi, dan aliran sungai yang deras. Akibatnya terputusnya jalan menghubungkan dua dusun. “Longsor sudah dua minggu yang lalu, akibatnya hujan deras dan aliran sungai deras menggerus tanah sungai Kebonan,” Ujar Nursalim.

Ia meminta jalan desa menghubungkan dua dusun yakni Dusun Kebonan dan Dusun Mujur 2 segera diperbaiki, karena jalan tersebut merupakan jalan akses utama warga Desa Lempeni. “Saya berharap kepada pemerintah untuk segera memperbaiki jalan tersebut,” harap Nursalim.

Sementara itu, data dihimpun BPBD Kabupaten Lumajang, peristiwa longsor terjadi pada Kamis 7 Januari 2021 sekitar pukul 10.00 WIB akibat hujan deras dan aliran sungai sangat deras menggerus tanah sungai kebonan mengakibatkan longsor.

Namun, pada Kamis 7 Januari 2021 pukul 19.30 WIB terjadi longsoran DAM (pintu Air) dan plengsengan dengan longsoran 10 meter, panjang 40 meter, dan tinggi 7 meter. “Akibatnya jalan akses desa penghubung Dusun kebonan dan Dusun Mujur 2 tergerus aliran sungai sungai terputus,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Lumajang, Joko Sambang.

Untuk mengantisipasi longsoran susulan pihak BPBD Lumajang bersama DPUTR melaksanakan kerja bakti membuat bronjong disaluran irigasi. “Sak-sak itu kita isi dengan material padat itu untuk menanggulangi biar tidak longsor lagi,” ujar Joko.

Untuk penanganan awal, pihaknya memanfaatkan material dari plengsengan yang rusak untuk pembenahan saluran irigasi sementara. (Imam/fr)

Loading...