D-ONENEWS.COM

Makan di Jam Ini Bisa Terhindar dari Resiko Obesitas

Jakarta (DOC) – Mengatur pola makan sudah lama diketahui menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berat badan terjaga. Tidak sekedar mengatur pola makan, sekelompok peneliti baru-baru ini menemukan pengaturan jam makan juga turut memiliki peran penting.

Sebuah uji klinis acak pada 90 orang dewasa obesitas di Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa membatasi waktu makan antara pukul 7 pagi hingga 3 sore dapat menurunkan berat badan dan tekanan darah seseorang.

Mereka yang makan dalam jangka waktu tersebut kehilangan sekitar 2,3 kilogram (kg) dibandingkan dengan kelompok yang makan dalam waktu lebih dari 12 jam.

Tekanan darah peserta penelitian juga menurun selama 14 minggu.

“Pemberian makan yang dibatasi waktu lebih awal (ETRE) mungkin merupakan pengobatan yang efektif untuk obesitas dan hipertensi. Ini juga baik untuk emosi karena mengurangi kelelahan dan depresi. Mereka yang bisa bertahan berlatih ETRE kehilangan lebih banyak lemak tubuh,” kata penulis studi tersebut seperti dilaporkan New York Post.

Penelitian dilakukan mulai Agustus 2018 hingga April 2020. Partisipan penelitian adalah orang dewasa obesitas berusia 25 hingga 75 tahun yang mendapatkan perawatan penurunan berat badan.

Loading...