D-ONENEWS.COM

Maroko Unggul Atas Panama, Timnas Indonesia Harus Ekstra Siap Hadapi Tantangan Berat

Surabaya, (DOC) – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U17 wajib menang melawan Timnas Maroko dipertandingan lanjutan Grup A Piala Dunia U17 2023, agar bisa melaju ke babak selanjutnya.

Ini terbilang tugas yang cukup berat bagi Arkhan Kaka dan kawan-kawan, karena dari statistik sendiri, Maroko bermain cukup apik saat melawan Panama.

Direktur Teknik Deltras Akademi dan juga mantan Pelatih Timnas Indonesia U17, Fakhri Husaini, menilai bahwa lawan-lawan Timnas Indonesia U17 di Grup A Piala Dunia U17 cukup berat, namun Indonesia masih memiliki kans untuk lolos.

“Saat lawan Ekuador kita kalah jauh, Ekuador lebih memimpin, kalah jauh kuantiti dan kualitas, jadi dari 300 sekian passing, kita hanya bisa passing 67 persen dan ini cukup rendah,” ujar Fakhri di media center Piala Dunia U17, Selasa (14/11/2023).

Meski kalah jauh secara kuantitas dan kualitas saat melawan Ekuador, namun menurut penilaian Fakhri saat melawan Panama, tim besutan Bima Sakti ini bisa mengeluarkan kualitasnya, meski hanya menghasilkan seri.

“Kemarin lawan Panama, ketika kita sudah tertinggal babak pertama, Bima Sakti memberikan arahan agar kita keluar menyerang, dan ini menjadi lebih menarik ketika perbandingan itu ditonton, dengan semangat yang sama, setelah tertinggal 1-0, agar menuai poin harus menyerang, dan itu dilakukan oleh coach Bima hingga bermain cukup baik, heading Kaka, bola crossing bisa dieksekusi cukup baik oleh Kaka,” terang Fakhri.

Dari dua pertandingan Timnas Indonesia, bahwa para pemain bisa mencetak gol, bahkan itu di open play.

“Dua gol yang tercipta dari open play, tapi jangan lupa kalau kita kemasukan dua gol juga. Tentu coach Bima sudah melakukan evaluasi,” ungkap Fakhri.

Menurutnya, saat ini Bima Sakti pasti sudah melakukan evaluasi terhadap timnya, terlebih lagi, mereka akan melawan Timnas Maroko yang menjadi kunci lolosnya mereka ke babak selanjutnya.

“Sudah melakukan perbaikan, yang menjadi perhatian adalah seberapa bagus coach Bima untuk melakukan recovery para pemain dengan tempo tinggi, 2 hari sekali mereka bermain dengan tempo tinggi tentu ini sangat menguras tenaga,” ucapnya.

Selain itu, apa saja yang seharusnya dilakukan Timnas Indonesia saat melawan Maroko? Terlebih lagi laga tersebut bisa menjadi kunci lolosnya mereka ke babak selanjutnya Piala Dunia U17 2023.

“Mungkin Grup di Surabaya ini cukup menarik, karena Indonesia punya peluang juga untuk bisa lolos kalau kita bisa menang melawan Maroko, ini semua punya peluang, tinggal bagaimana coach Bima bisa mengarahkan pemainnya tetap disiplin, karena hanya menyerang saja kita bisa meraih gol, kita butuhkan hanya 1 poin lagi, tapi harus menang, realistis untuk bisa lolos babak selanjutnya harus bisa menang dari Maroko,” tandasnya.

Saat ini, Ekuador memimpin kelasemen Grup A Piala Dunia U17, dengan perolehan poin 4, disusul Maroko dengan poin 3. Indonesia masih mengumpulkan 2 poin, dan Panama 1 poin. (ang)

Loading...

baca juga