D-ONENEWS.COM

Masyarakat Bahu-Membahu Siapkan Puncak Peringatan HLUN di Tasikmalaya

Warga Tasikmalaya Siapkan Kelengkapan Puncak Peringatan HLUN 2022Tasikmalaya,(DOC) – Warga Tasikmalaya terlihat cukup sibuk menjelang pelaksanaan Peringatan Hari Lanjut (HLUN) 2022 yang juga digelar di kompleks SMK Plus Al Hasanah, Kecamatan Gunung Tanjung dan di Kantor Kecamatan Puspahiang.

Mereka bersama panitia dan petugas terkait, dibantu Tagana serta pilar-pilar sosial bahu membahu menyiapkan kelengkapan acara, diantaranya memasang peralatan teleconference, layar televisi 50 inchi dan sound sistem.

Begitu juga dengan tenda yang sudah didirikan, lengkap dengan karpet dengan dekor, backdrop, meja kursi untuk tamu, undangan dan pendamping.

Dua lokasi tersebut,  menjadi bagian dari titik-titik aktivitas pelaksanaan Peringatan HLUN 2022.  Sehingga persiapannya totalitas, termasuk pemasangan umbul-umbul di sepanjang jalan utama menuju kecamatan dan lokasi kegiatan lainnya.

Di Kantor Kecamatan Puspahiang, rencananya akan dihadirkan 309 lansia. Mereka akan menerima layanan yang dibagi menjadi 3 pos yaitu Pos Pelayanan Kesehatan, Pos Pelayanan Pengurusan E-KTP, Pemberian Bantuan Sosial serta senam lansia.

Bantuan ATENSI juga diberikan dari Sentra Budhi Perkasa Palembang berupa bantuan kewirausahaan, perabot rumah tidak layak huni dan 2 ekor kambing ( 1 paket). Bantuan Kebutuhan Dasar dan Nutrisi (beras, minyak goreng, sarden, sandang, susu, Vit. C) sebanyak 304 paket. Bantuan Aksesibilitas (kursi roda, alat bantu dengar, tongkat ketiak (24 paket). Ada juga bantuan Rumah Tidak Layak Huni  (RTLH).

Sementara dilokasi lainnya, yakni SMK Plus Al Hasanah, sebanyak 250 lansia akan dihadirkan.

Mereka juga akan menerima layanan kesehatan, pelayanan E-KTP, dan pelayanan Vaksin Covid-19. Termasuk bantuan Atensi yakni berupa nutrisi dan sandang 250 paket, kaca mata 7 set, kursi roda adaptif 16 unit, kursi roda standar 40 unit, alat bantu dengar 18 set, tongkat jalan 24 batang, walker 5 set, dan isian hunian RTLH 1 paket, dengan total bantuan senilai Rp548.705.000.

Mereka juga menerima bantuan kearifan lokal sebesar Rp 50.000.000 untuk usaha kelompok paguyuban lansia produktif berupa ternak ikan serta ternak itik.

Kemensos juga membantu melalui Tagana Masuk Sekolah (TMS) di dua sekolahan oleh Dit. Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Tagana.(hm/r7)

Loading...

baca juga