D-ONENEWS.COM

Mensos Risma: Data Bansos Sudah Dibenahi Lebih Baik

Serang,(DOC) – Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismahaini mengaku bahwa data penerima bantuan sosial tunai (BST) telah diupdate dan Kementerian Sosial (Kemensos) RI sudah berusaha memperbaiki  agar lebih baik.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Mensos Tri Rismaharini saat melakukan Kunker di kota Serang Banten, sekaligus bertemu dengan anggota Serikat Media Cyber Indonesia (SMSI), Minggu(07/02/2021) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Mensos Risma sapaan akrabnya, tidak ingin menyalahkan siapapun soal data Bantuan Sosial Tunai (BST) yang selama ini kurang tepat sasaran.

“Saya tidak pingin menyalahkan siapapun, tapi saya harus membenahi data itu dan Alhamdulillah, semalam (6/2) sekitar jam 11.00 WIB saya sudah dapat kabar bahwa data sudah lebih bagus. Hari ini (7/2) mau dipresentasikan, tapi saya harus ke Semarang,” ungkap Mensos Risma.

Ia juga mengungkapkan, banyak tantangan yang di hadapi di internal Kemensos RI terutama menyangkut masalah keuangan. Menurut Risma, masyarakat melihat Kemensos kerjanya hanya bagi-bagi duit sehingga seolah-olah Kemensos memiliki uang banyak. Stigma itu harus dirubah, apalagi ada yang berfikir bahwa uang itu bisa untuk pribadi.

“Kementrian ini seolah-olah punya uang banyak, kemudian ada yang berfikir, itu untuk pribadi-pribadi. Padahal nggak begitu kan. Memang uang yang dititipkan, justru untuk masyarakat miskin yang itu terus terang berat sekali,” tandas Risma.

Pembenahan sistem di internal Kemensos RI, lanjut Mensos RIsma, setiap hari terus di benahi agar kinerjanya membaik, utamanya soal data penerima Bansos dan masalah pengentasan kemiskinan.

“Saya harus membenahi sistem mulai dari nol. Jadi kami(Kemensos) setiap Sabtu-Minggu masuk, untuk membenahi data. Kemudian sistem-sistem yang harus saya ubah, karena setiap uang yang sudah dikeluarkan, kita harus bisa tahu, kapan dia(warga miskin) bisa keluar dari kemiskinan. Kalau tidak akan terus-terusan bergantung. Ada yang sudah 5 tahun di bantu kemudian tidak keluar, ini adalah tantangan saya,” jelasnya.

Selain melakukan pertemuan dengan SMSI, Mensos Risma juga meresmikan jalan dan menyalurkan bantuan.(robby/r7))

Loading...

baca juga