D-ONENEWS.COM

Mensos Risma Kooperatif saat Tim KPK Geledah Gedung Kemensos

Don RozanoJakarta,(DOC) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi gedung Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Selasa(23/5/2023) siang kemarin.

Tujuan KPK ini, untuk mendapatkan sejumlah data dalam penegakkan hukum.

Kehadiran tim dari KPK di terima baik oleh Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini di ruang kerjanya.

Tim KPK di beri akses oleh Mensos Risma untuk mendapatkan data yang di butuhkan.

Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa, Don Rozano Sigit Prakoeswa menyatakan, arahan Mensos, pihak Kemensos bersikap terbuka dalam mendukung tugas-tugas penegak hukum dari KPK.

“Kami terbuka dan mendukung tugas teman-teman KPK dalam penegakan hukum. Kami membuka akses seluas-luasnya sesuai dengan maksud mereka hadir di Kemensos untuk mendapatkan data,” kata Don Rozano.

Don menyatakan, tim KPK mendatangi ruangan Dirjen Pemberdayaan Sosial. “Di sini, mereka mengambil dokumen yang di perlukan dan komputer. Secara umum kegiatan Tim KPK berjalan lancar dan kami bersikap kooperatif,” katanya.

Kepada media, Don kembali mengutip penjelasan Mensos Risma beberapa bulan lalu terkait kasus ini. Don menyatakan, kasus yang sedang di tangani KPK adalah dugaan tindak pidana korupsi pekerjaan penyaluran Bantuan Sosial Beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Progam Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020.

Kasus itu terjadi sebelum Mensos Risma menjabat. Di ketahui mantan Wali Kota Surabaya dua periode itu di lantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial pada tanggal 23 Desember 2020.

“Berdasarkan kronologi kasus terungkap bahwa peristiwa terakhir jatuh pada 30 September 2020 atau tiga bulan sebelum Bu Risma di lantik. Jadi Ibu tidak mengetahui kasus ini,” sambung Don.

Ia memastikan, petugas KPK melaksanakan tugasnya tanpa campur tangan Kemensos. Bahkan petugas KPK saat meninggalkan gudeng Kemensos untuk mengakhiri pekerjaannya, sempat berpamitan kepada Mensos Risma.(hm/r7)

Loading...

baca juga