D-ONENEWS.COM

Menteri Nadiem Tegaskan Hanya Sekolah di Zona Hijau yang Boleh Buka

Mendikbud Nadiem Makarim

Jakarta (DOC) – Pemerintah akhirnya mengumumkan skema kegiatan belajar mengajar untuk pendidikan umum di tengah pemberlakuan new normal. Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan hanya sekolah di zona hjau yang bisa dibuka atau menerapkan kegiatan belajar mengajar tatap muka.

“Daerah zona kuning, oranye, merah yaitu zona yang telah didesain oleh Gugus Tugas, punya risiko COVID-19 ini dilarang saat ini melakukan pembelajaran tatap muka,” ujar Nadiem, seperti dilansir dari Kumparan, Senin (15/6).

“Zona hijau itulah yang kami perbolehkan, pemda untuk melakukan pembelajaran tatap muka, tapi dengan protokol yang ketat,” lanjut Nadiem.

Ia menjelaskan, sekolah yang berada di zona merah, kuning, dan oranye mencapai 94 persen dari total seluruh peserta didik yang ada di Indonesia. Sehingga mayoritas peserta didik masih belajar di rumah.

Sementara itu, yang masuk sekolah hanya mencapai 6 persen dari total peserta didik.

“Saat ini karena hanya 6 persen dari populasi peserta didik di zona hijau yang boleh tataap muka,” katanya.
Dalam kesempatan itu, Nadiem menegaskan tahun ajaran baru akan tetap dibuka pada pertengahan Juli 2020.

“Pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah, seperti yang saya sudah infokan sebelumnya, tahun ajaran 2020/2021 tidak berubah jadwalnya, tetap di Juli 2020,” ujar Nadiem.(kmp)

Loading...

baca juga