D-ONENEWS.COM

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa

Lumajang, (DOC)- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengunjungi lokasi terdampak gempa di Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, kabupaten Lumajang, Rabu (28/4/2021).

Kedatangan menteri PPPA disambut Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati di Balai Desa Kaliuling.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengusulkan ada program pelatihan mitigasi bencana bagi perempuan dan anak. “Harapan kami ada program mitigasi bencana bagi perempuan dan anak,” ujar Bunda Indah.

Ia menjelaskan bahwa Pemkab Lumajang dibantu berbagai pihak melakukan trauma healing kepada ibu-ibu dan anak untuk menurunkan tingkat kecemasan dan mengembalikan kondisi emosional anak-anak pasca bencana gempa bumi dengan berbagai macam permainan yang dilakukan secara individu maupun kelompok. “Trauma healing sudah dilakukan sejak hari pertama sudah kami lakukan, anak-anak dipulihkan, ibu-ibu juga demikian, saya beryukur banyak volunteer yang menghibur termasuk ibu-ibu dari TNI-POLRI yang juga turun melakukan trauma healing,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri PPPA menyambut baik usulan wabup terkait mitigasi bencana yang dikhususkan untuk perempuan dan anak.

Menurutnya ide tersebut merupakan usulan bagus dan akan dibicarakan lebih lanjut bersama BNPB. “Mitigasi bencana bagi perempuan dan anak ini merupakan ide yang bagus, ini masukan yang luar biasa dari ibu wakil bupati, keterampilan mitigasi bencana bagi ibu dan anak penting, ini akan kami komunikasikan dengan BNPB, upaya mitigasi maksimal sehingga dampaknya minimal,” ujarnya.

Bintang Puspayoga sapaan akrab Menteri PPPA tersebut juga mengapresiasi upaya pendampingan pemulihan psikologi Pemkab Lumajang terhadap perempuan dan anak. “Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pendapampingan psikososisal dari pemerintah daerah sudah luar biasa, anak-anak tidak ada beban lagi, tidak ada trauma lagi, anak-anak sudah ceria,” ujarnya.

Menteri PPPA dalam kesempatan tersebut juga memberikan bantuan khusus anak sejumlah 200 paket dan bantuan spesifik perempuan. (Imam)

Loading...