D-ONENEWS.COM

Minimalisir Kesalahan Penyelenggaraan Pemilu, KPU Surabaya Bekali Pelatihan PPK

Surabaya,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Simulasi Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara kepada jajarannya ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Wilayah Surabaya.

Acara tersebut berlangsung di graha lantai 3 kantor KPU kota Surabaya, Jl. Adityawarman No.87 Surabaya, Kamis(4/4/2019).

Peserta Bimtek merupakan ketua dan anggota PPK dari  Kecamatan Sawahan,  Bubutan, Gayungan, Genteng, Gubeng, Kenjeran, Krembangan, Pabean Cantikan, Semampir, Tambaksari, Wonocolo dan Semua Kecamatan di Surabaya.

Melalui Bimtek dan Simulasi Perolehan Suara ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran sekaligus mematangkan persiapan penyelenggara dalam menghadapi pemilu nanti.

“Hari ini kami sudah mendistribusikan surat suara ke beberapa kecamatan seperti Wonokromo, harapanya seluruh petugas penyelenggara bisa bekerja secara profesional dan masyarakat bisa menikmati pesta demokrasi ini,” ungkap Ketua KPU kota Surabaya Nur Syamsi.

Nur Syamsi menjelaskan secara detail soal logistik Pemilu mulai dari distribusi logistik, jenis alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan pemutaran video simulasi tentang perakitan kotak dan bilik suara.

“Urusan logistik pemilu sangat penting karena sebagai penyelenggara harus mengetahui setiap jenis logistik yang akan digunakan, mulai dari jenis formulir, sampul kertas, surat suara, serta alat kelengkapan TPS lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Muhammad Ketua PPK kecamatan Sawahan menyatakan, Bimtek  ini sangat penting untuk pembelajaran penghitungan suara usai pencoblosan nanti.

Mengingat baru pemilu kali ini, Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif dilakukan secara serentak.

“Dalam bimbingan kali ini banyak manfaat dan pembelajaran yang kami dapat,apalagi mengingat tingkat kepadatan penduduk di wilayah kecamatan sawahan dan dengan 562 TPS, untuk mempercepat kinerja kita,maka kita utamakan adalah C1, dalam pelaksanaan semoga tidak ada kendala nantinya ,” kata Muhammad.(robby/r7)

Loading...