D-ONENEWS.COM

Naikkan Potensi UKM, PT Darbe Putra Makmur Hadirkan Digital Platform Darbe.id

Surabaya,(DOC) – Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu pilar ekonomi bagi daerah dan Negara. Keberadaannya mampu membawa pengaruh positif bagi kemajuan ekonomi bangsa.

Salah satu perusahaan asal Surabaya PT Darbe Putra Makmur melihat peluang tersebut. Pemilik mayoritas saham PT Darmi Bersaudara Tbk itu, merilis digital platform berbasis web bernama darbe.id, tujuannya untuk menaikkan potensi UKM.

Direktur PT Darbe Putra Makmur Nanang Sumartono mengatakan, darbe.id adalah digital platform yang menjalankan dan menghubungkan seluruh ekosistem di existing industri Darbe Group dan bisnis UKM sejenisnya.

“Digital platform darbe.id   diharapkan mampu menjadi business solution patner bagi kebutuhan UKM yang terverifikasi terutama di bidang finansial maupun nonfinansial hingga dapat scale up the business & bring up to success,” kata Nanang saat launching darbe.id di hotel berbintang di Surabaya, Rabu(15/01/2020)

Kehadiran darbe.id diharapkan mampu membawa angin segar bagi UKM, yang saat ini sering mengalami kesulitan baik dari sisi permodalan maupun tata kelola perusahaan yang baik. Sehingga usaha kecil menengah (UKM) yang merupakan salah satu pilar ekonomi bagi sebuah daerah maupun negara mampu membawa pengaruh baik untuk kemajuan perekonomian.

“Latar belakang pendirinya adalah kalangan  professional yang berkompeten di bidangnya dan pengalaman dalam pengembangan bisnis UKM, darbe.id  siap masuk di pasar usaha di industri jasa keuangan berbasis teknologi informasi (financial technology) dan berkontribusi untuk menguatkan UKM di Indonesia. Saya harap para pengusaha UKM nantinya terbantu dengan kehadiran kita,” janjinya.

Sebelum sukses pada saat ini, Nanang menuturkan, perjalanan UKM yang digelutinya berawal di tahun 1998 dari bisnis keluarga di bidang kayu, lalu berhasil menembus ekspor 4 tahun kemudian di Pasar Asia dan Eropa, UKM ini terus berinovasi dan berprogres.

Pada perkembangan berikutnya di tahun 2008, pihaknya melakukan diversifikasi usaha dengan menjajaki bisnis di bidang peternakan ayam potong, yang hingga di tahun 2010 melembagakan bisnis ke dalam sebuah PT yaitu PT Darmi Bersaudara.

Progres bisnis, step by step terus melangkah dengan pasti hingga di tahun 2019, perusahaan ini berhasil melakukan Penawaran Umum Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia untuk PT Darmi Bersaudara Tbk sebagai puncaknya.

“Pengalaman membangun UKM hingga berhasil menjadi perusahaan Tbk ini, tentu bukan hal mudah. Terutama dalam hal pendanaan, yang merupakan faktor utama dan sering menjadi kendala dalam mengembangkan usaha UKM. Untuk itu kami hadir,” tambah Nanang.

Pertanyaanya bisakah UKM scale up menjadi usaha besar hingga diakui sampai internasional? Ini menjadi impian para UKM dimanapun berada. Dan hal ini bukan tidak mungkin, PT Darmi Bersaudara membuktikannya, sebagai “UKM pertama di Jawa Timur” yang berhasil menjadi Perusahan Terbuka.

Atas dasar inilah PT Darbe Putra Makmur sebagai pemilik mayoritas saham PT Darmi Bersaudara Tbk, merilis pengembangan bisnis baru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (digital platform) untuk UKM-UKM dapat naik kelas (scale up) dengan brand “Darbe.id” dan dapat diakses di halaman portalnya dengan alamat www.darbe.id.(r7)

Loading...