D-ONENEWS.COM

Nenek Penjual Ketan Asal Lumajang Berangkat Haji Kemarin

Foto : Djuarni(63), warga Kelurahan Citrodiwangsan, Kota Lumajang, naik haji berkat jual ketan

Lumajang,(DOC) – Tidak ada yang tidak mungkin bila memiliki niat pergi Ibadah Haji ke Baitullah. Seorang nenek berusia 63 tahun mengumpulkan uang  selama 27 tahun dari sisa berjualan ketan.
Djuarni, warga Kelurahan Citrodiwangsan, Kota Lumajang, Kabupaten Lumajang setiap harinya berkeliling untuk berjualan ketannya. Tidak ada kata menyerah bagi Nenek untuk mencari rupiah demi mewujudkan cita-citanya pergi ke Tanah Suci.
Djuarni berangkat menunaikan ibadah haji bersama Jama’ah lainnya berada di kloter 54, Senin siang kemarin (14/8/2017).
Nenek ini menjadi tulang punggung keluarga pasca ditinggal suaminya (Alm Abdul Manan) pada 1989 silam, tak menjadikan nenek Djuarni patah semangat. Ia menabungkan hasil jualan ketannya dikantor pos setempat dengan niatan menunaikan ibadah haji.
“Dari nominal Rp 100 ribu, hingga Rp 150 ribu dalam waktu dua minggu sekali secara rutin. Hingga terkumpul Rp 20 juta dan diminta daftar ke BRI dan Kementerian Agama setempat,”ujar Nenek Djuarni di sela pemberangkatan.
Tekad nenek Djuarni ini baru diketahui oleh anaknya saat mendaftar ke Kementrian Agama.
“Saya tidak bilang, baru ketika mau daftar saya bilang ke anak saya,”pungkasnya.
Sementara itu, Nurul Hasanah, anak dari Djuarni sangat sedih dan terharu dan berfikir ketika Ibunya akan berangkat naik haji.
“Awalnya saya berfikir mau berangkat naik haji uang dari mana, gak tahunya ibu sudah nabung Di BRI dan terkumpul dalam tabungan mencapai 20 juta, itulah ibu bilang mau daftar Haji,”kata Nurul Hasanah.
Masih kata Nurul, dirinya sangat merasa senang awal nabung pertama dikumpulkan ke kantor pos, karena ada keinginan naik haji maka ibu nabung ke BRI.
“Ibu seharian berjualann ketan (makanan tradisional), Alhamdulillah untuk fisiknya saya gak khawatir karena setiap harinya ibu waktu jualan itu jalan berkeliling dan Alhamdulillah sehat lah,” pungkasnya.
Nenek Djuarni dilepas keberangkatannya oleh Bupati Lumajang Drs. As’at M.ag bersama 444 jama’ah yang lain pada Kloter 54 dari Pendopo Pemerintah Kabupaten Lumajang.(mam/r7)

Loading...