D-ONENEWS.COM

Obyek Wisata Ranupane Dan Ranuregulo Akan Dioptimalkan Tahun 2020

Lumajang,(DOC) – Optimalisasi pengelolaan potensi wisata Ranu Pane dan Ranu Regulo diharapkan terealisasi pada tahun 2020.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., usai melakukan peninjauan di kawasan Ranu Pane dan Ranu Regulo, Senin(26/8/2019) pagi.

Kunjungan Bupati bersama beberapa Investor dan Kepala OPD terkait, umtuk melihat dari dekat potensi wisata yang kemungkonan biea dikembangkan. Bupati mengatakan, bahwa sudah ada perencanaan terkait optimalisasi potensi wisata di kawasan Ranu Pane dan Ranu Regulo tersebut.

“Perencanaan yang dilakukan adalah memaksimalkan pengelolaan potensi pariwisata yang ada di kawasan Ranu Pane dan Ranu Regulo,” ujar Bupati Lumajang.

“Ranuregulo akan kita jadikan semacam ‘camping ground’ sekaligus menjadi obyek wisata bunga dan wisata taman. Nanti akan kita bangun dan kita tata lebih baik lagi,” tambahnya.

Sementra Ranu Pane, akan dilakukan pengerukan sekaligus upaya normalisasi Ranu Pane, sehingga kembali seperti semula.

Bupati meminta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, agar segera dilakukan penanaman kembali pada lahan-lahan yang kosong di sekitar Ranu Pane dan Ranu Regulo sekaligus melakukan inventarisir tanaman yang menjadi khas Ranu Pane.

Sebagai fasilitas penunjang, Pemerintah Kabupaten Lumajang akan membangun dan memperbaiki akses menuju ke lokasi. Direncanakan, juga akan dibangun spot-spot pendukung lainnya di sekitar kawasan Ranu Pane dan Ranu Regulo.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Kabupaten Lumajang, Drs. Karna Suswandi, MM., mengatakan, untuk perbaikan jalan akses Senduro – Ranu Pane ditargetkan akan selesai pada 2020 dengan menggunakan anggaran dari Program Hibah Jalan Daerah.(imam)

Loading...