D-ONENEWS.COM

Orientasi Pariwisata Saat Ini Dari Kuantitatif Menjadi Kualitatif

Lumajang,(DOC) – Pariwisata saat ini tidak lagi berorientasi kuantitatif tetapi kualitatif. Hal itu disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat menjadi narasumber pada webinar “Kenormalan Baru Dalam Industri Pariwisata : Rebranding dan Kesiapan Sumber Daya” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jember, Sabtu (08/08/2020).

“Harus ada perubahan paradigma dari kuantitas menjadi kualitas, kita harus mengubah segmen, menyajikan pariwisata yang segmented. Kepuasan harus menjadi domain utama,” ujar Cak Thoriq di Ruang Kerja Bupati Pendopo Arya Wiraraja.

Menyikapi kondisi kenormalan baru saat ini menuntut industri pariwisata berfikir ekstra dalam menciptakan inovasi – inovasi penyelenggaraan pariwisatanya tanpa harus mengorbankan kesehatan pelaku wisata pada masa pandemi Covid-19 ini. Untuk itu Bupati Cak Thoriq berharap agar para pelaku wisata melakukan penyesuaian menyiapkan sumber daya pariwisatanya.

“Reupdate sumber daya pariwisata, mulai dari yang melayani, penyedia jasanya, sarana prasarananya, seluruh jasa pariwisatanya harus kembali kita sesuaikan,” tuturnya.

Dalam webinar tersebut Bupati juga memaparkan kondisi pariwisata di Lumajang saat ini.

Ia optimis, dengan penerapan protokol kesehatan yang tepat dan kepatuhan seluruh pelaku wisata, pariwisata Lumajang akan kembali bangkit melawan keterpurukan akibat hantaman pandemi Covid-19. (Imam)

Loading...

baca juga