D-ONENEWS.COM

Pabrik Rokok Mustika Tulungagung dan Pasar Pujon Masuk Kluster Baru, Total Kasus Covid-19 di Jatim Tembus 1124

Surabaya,(DOC) – Penyebaran kasus positif Covid 19 di Jawa Timur kini menembus angka 1124 orang. Bertambahnya jumlah pasien positif virus corona ini, setelah munculnya kluster pabrik Rokok Mustika (RM) di desa Gesikan, Tulungagung dan pasar Pujon kabupaten Malang.

Di pabrik rokok Tulungagung tersebut, pasien baru yang positif terpapar Covid-19 sebanyak 23 orang dari total 214 karyawan yang reaktif berdasarkan hasil rapidtest atau test cepat.

“Karyawan yang reaktif hasil rapidtest, sudah dilanjutkan ke test Swab PCR. Hasilnya belum keluar,” ungkap Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso, di Grahadi, Senin(4/5/2020) malam.

Penularan virus corona di pabrik RM Tulungagung, awalnya terdeteksi ketika seorang karyawan berobat ke rumah sakit yang hasilnya terindikasi mengalami gejala Covid-19. Mendapat kabar tersebut, tim tracing langsung melakukan rapid test terhadap 214 karyawan dan 17 orang di antaranya positif.

“Dari 17 itu, lima orang karyawan berasal dari Kabupaten Kediri, lima orang dari Kota Kediri, dan tujuh warga Kabupaten Tulungagung,” katanya.

Kemudian tim tracing kembali melakukan rapid test gelombang kedua terhadap 32 karyawan lainnya. Hasilnya ditemukan enam orang positif Covid-19 yang kesemuanya merupakan warga warga Tulungagung.

“Jadi totalnya ada 23 karyawan yang positif Covid-19 hasil rapid test. Sekarang telah menjalani isolasi mandiri sambil menunggu hasil tes Swab PCR,” tambah Kohar.

Menurut Kohar, tim tracing akan memperdalam penyisiran penyebaran virus corona dari pabrik RM. Hal ini sangat diperlukan, karena pabrik rokok RM tersebut bersebelahan dengan pabrik rokok lainnya yang memiliki jumlah karyawan lebih besar.

“Ini agak mengkhawatirkan. Kalau ada interaksi dengan perusahaan yang berdekatan dengan perusahaan dengan karyawan lebih banyak,” tandasnya.

Sementara itu, untuk kluster pasar Pujon kabupaten Malang, lanjut Kohar, tracing akan dilakukan kepada 41 orang yang telah melakukan kontak secara langsung dengan pasien positif Covid-19.

“41 orang ini telah dilakukan rapidtest dan hasilnya 3 orang reaktif. Mereka sudah melakukan isolasi diri dan telah melakukan test Swab. Kepastian positif atau tidaknya, masih menunggu test swab,” pungkasnya.(div)

Loading...

baca juga