D-ONENEWS.COM

PDIP Raih 27 Kursi di DPRD Jatim, Geser Posisi PKB Yang Raih 25 Kursi

foto : PDIP Jatim Syukuran Rayakan Kemenangan

Surabaya,(DOC) – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan raih kursi terbanyak di lembaga DPRD Provinsi Jawa Timur, pada Pemilu 2019 ini.

Berdasarkan rekapitulasi suara yang telah ditetapkan KPU Jawa Timur, Parpol berlambang kepala banteng moncong putih akan mendapatkan 27 kursi dari 120 total kursi yang tersedia di DPRD Jatim.

Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, PDIP diwilayah Jawa Timur meraih 22,5 persen suara. Di Pemilu 2014 lalu, PDIP hanya memperoleh 19 kursi di lembaga dewan.

Kali ini posisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang pada periode sebelumnya menjadi pemenang, tergantikan oleh PDIP, meskipun perolehan kursinya tetap naik 5 kursi menjadi 25 kursi.

“Terima kasih kepada warga Jatim yang sudah mempercayakan kepada PDIP, serta pasangan calon presiden dan wakil presiden (Jokowi-Ma’ruf) yang juga diusung PDIP,” ujar Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi, saat merayakan kemenangan di Surabaya.

Tak hanya menjadi penguasa di DPRD Jatim, PDIP juga meraih 20 dari alokasi 87 kursi untuk DPR RI dari Jatim. Capaian ini naik 3 kursi dari raihan 17 kursi di Pileg 2014.

“Itu artinya 23 persen lebih, hampir 24 persen. Jadi untuk DPR RI dari Jatim, PDIP memenangkan, dibandingkan dengan partai-partai yang lain,” papar Kusnadi.

Begitu pula untuk DPRD kabupaten/kota. PDIP meraih 316 kursi (299 kursi di Pileg 2014) dari 38 kabupaten/kota di Jatim. “Kita menang di 17 kabupaten/kota di Jatim dan akan mendapatkan 17 kursi ketua DPRD,” terangnya.

Selain 17 ketua DPRD, PDIP juga akan menduduki kursi pimpinan (wakil ketua DPRD) di 13 kabupaten/kota. “Artinya nanti ada 30 pimpinan DPRD (17 ketua ditambah 13 wakil ketua) dari 38 kabupaten/kota yang akan dipegang PDIP,” ucapnya.

Kemenangan luar biasa ini, menurut Kusnadi, pertama, karena kepercayaan masyarakat kepada PDIP. “Kepercayaan ini akan kami jaga. Bagaimana caranya, yaitu dengan melakukan kerja, kerja, dan kerja semata-mata untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Kedua, tambah Kusnadi, berkat kerja sama, gotong royong di antara seluruh komponen PDIP. Mulai anggota, serta pengurus di semua tingkatan mulai anak ranting, ranting, PAC, DPC dan DPD seluruh Jatim.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader PDIP dan pengurus, yang sudah bekerja keras dengan segala dinamika yang kita alami secara bersama-sama. Sehingga kita mendapat kepercayaan dari masyarakat Jatim,” katanya.(div/r7)

Loading...