D-ONENEWS.COM

Pelayanan Kesehatan Hewan Gratis di Dusun Solor Bondowoso

Bondowoso,(DOC) – Banyaknya hewan ternak milik warga desa Solor, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso, seakan menjadi perhatian tersendiri bagi Satgas TMMD ke-103 Bondowoso.
Bekerjasama dengan dinas terkait, Satgas TMMD menggelar pengobatan hewan ternak gratis, terutama bagi sapi milik warga sekitar, Selasa(23/10/2018).
Drh Bambang menuturkan, selain melakukan pemeriksaan terhadap hewan milik warga desa Solor, dirinya bersama Satgas TMMD juga menggelar sosialisasi tentang cara beternak dengan baik.
Dalam sosialisasi tersebut, Kabid Peternakan Pemkab Bondowoso itu mengunkapkan, untuk mendapatkan sapi indukan siap bunting, warga diwajibkan untuk melakukan seleksi terlebih dahulu.
“Supaya organ reproduksi sapi betina itu, bisa bereproduksi dengan normal dan sehat,” ujar Bambang.
Tidak hanya itu saja, Bambang bersama beberapa pegawai Dinas Peternakan Kabupaten Bondowoso, juga melakukan inseminasi buatan, atau IB ke seluruh sapi ternak milik warga desa Solor.
“Kita biasa menyebutnya dengan metode kawin suntik dengan menggunakan Insemination Gun. Alat itu, berguna untuk memasukkan sperma sapi jantan ke alat kelamin sapi betina,” ungkapnya. “Cara itu sangat ampuh, dan sering digunakan oleh peternak sapi,” tambahnya.
Sementara itu, dijelaskan Letkol Inf Tarmujie, minimnya wawasan warga mengenai cara beternak yang baik dan benar, seakan menjadi perhatian dirinya sebagai Dansatgas TMMD di Bondowoso.
Dengan adanya sosialisasi dan penyuluhan tersebut, dirinya berharap jika warga di Bondowoso, tepatnya di desa Solor, dapat menambah penghasilannya sebagai peternak sapi. “Kita berharap, masyarakat bisa memahami sosialisasi dan penyuluhan itu. Itu juga demi kebaikan masyarakat di lokasi TMMD,” jelas Dandim 0822/Bondowoso ini.(dre/r7)

Loading...

baca juga