D-ONENEWS.COM

Pangdam V Brawijaya Kunjungi Lokasi TMMD di Lumajang

Lumajang,(DOC) – Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos., M.M didampingi Danrem 083/BDJ Kolonel Inf Irwan Subekti melaksanakan kunjungan kerja ke lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Kabupaten Lumajang.

Tiba dilokasi TMMD di Desa Pandansari, kecamatan Senduro, kunjungan Pangdam V/Brawijaya bersama rombongan disambut disambut tari Gambyong dilanjutkan pengalungan bunga kepada Pangdam V/Brw dan Bupati Lumajang.

Setelah itu, Pangdam V/BRW Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos. bersama Bupati Lumajang penandatanganan prasasti TMMD ke-108 TA. 2020 dilanjutkan pengguntingan pita peresmian Jln. Brawijaya.

Kemudian Pangdam beserta rombongan meninjau hasil pembangunan mushola Al-Ikhlas dan memberikan bantuan 1 buah pengeras suara. Setelah itu melakukan pengecekan hasil rutilahu milik Fatur dan memberikan sembako.

Usai mengecek Mushola, dan Rutilahu, Pangdam V/BRW meninjau lokasi pembuatan jembatan penghubung dua dusun yakni Dusun Gempol dan Dusun Tegal Ombo.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, pelaksanaan TMMD didesa Pandansari sudah sangat dirasakan oleh warga pandansari, yang dulu nya mengangkut hasil panen susah karena akses jalan yg rusak, pada saat sekarang sudah sangat mudah dilewati dan dengan dibangunya jembatan penghubung sangat diberpengaruh dalam roda perputaran ekonomi dan aktifitas warga pandansari khususnya.

“TMMD ini merupakan kerja nyata TNI yang melakukan pembukaan akses ekonomi, dulu jalan disini setapak, akses ekonomi yang dulunya terisolir dibuka, masyarakat juga terlibat aktif dalam kegiatan TMMD ini,” ujar Bupati.

Sementara itu, Pangdam V/ Brawijaya, Mayjend TNI Widodo Iryansyah berharap kegiatan TMMD dapat turut serta membantu Pemkab Lumajang meningkatkan akses perekonomian masyarakat sekitar.

Ia optimis ketika akses jalan dibuka, maka perekonomian masyarakat dapat meningkat karena mobilitas masyarakat yang semakin mudah.

“Sasaran TMMD bermanfaat bagi masyarakat, memangkas jalan 8 km itu sudah bagus, kita juga bisa membuka daerah isolasi sehingga akses ekonomi berjalan bagus,” ujarnya.

Pangdam V/ Brawijaya juga mengapresiasi masyarakat Desa Pandansari yang begitu antusias dengan penyelenggaraan TMMD. Tidak hanya ikut berpartisipasi dalam pembangunan, masyarakat bahkan rela menyumbangkan sebagian tanahnya digunakan untuk jalan rabat beton.

Selain itu, Mayjend TNI Widodo mengapresiasi Kodim 0821/Lumajang dan Pemkab Lumajang yang tetap bertekad menjalankan TMMD 108 di tengah pandemi Covid-19. Ia optimis, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pelaksanaan TMMD dapat berjalan dengan lancar dan tidak menambah kasus positif di Lumajang.

“Penanganan Covid-19 di Lumajang juga sudah bagus, jangan sampai tadi lokasi TMMD menjadi klaster baru karena prajurit kami, hingga saya berkeputusan semua prajurit harus dilakukan rapid test sebelum pelaksanaan TMMD,” pungkasnya

Loading...

baca juga