D-ONENEWS.COM

Indonesia jadi Satu-satunya Negara di ASEAN dengan Kasus Covid-19 Tembus 100 Ribu

Jakarta (DOC) – Kasus positif virus corona di Indonesia hari ini menembus angka 100.303 pasien. Jumlah ini tercapai usai diumumkan penambahan 1.525 kasus positif corona baru per Senin (27/7).

Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengungkapkan masih cukup tingginya penambahan kasus positif harian menunjukkan Indonesia masih dalam kondisi krisis.

“Hari ini adalah Indonesia mencapai angka yang secara psikologis cukup berarti, yaitu 100 ribu. Dan mengingatkan semua pihak bahwa Indonesia masih dalam kondisi krisis. Untuk itu, kita perlu tetap waspada bahwa masalah ini masih berada di Indonesia dan seluruh belahan dunia,” ujar Wiku, seperti dilansir dari Kumparan, Senin (27/7).

Wiku menjelaskan, kasus positif di Indonesia jangan langsung dibandingkan negatif dengan negara lain, yang memiliki populasi lebih tinggi atau rendah.

Ia menuturkan jika dibandingkan kasus positif virus corona per 1 juta populasi dengan 215 negara di dunia, maka Indonesia berada di peringkat 142.

“Apabila kita bandingkan kasus yang di dunia per 1 juta penduduk, sebenarnya posisi Indonesia dibanding dunia kita urutan 142 dari 215 negara yang ada di dunia,” tuturnya.

“Sedangkan kalau dibandingkan posisi Indonesia dengan negara di Asia kita adalah urutan ke-28 dari 49 negara di dunia,” lanjut Wiku.

Meski begitu, Wiku meminta masyarakat tidak lengah dengan hasil ini. Menurutnya, protokol kesehatan ketat tetap harus dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona yang lebih meluas.

“Kondisi ini tak serta merta mengatakan bahwa Indonesia aman. Indonesia masih dalam kondisi krisis dan kita tak boleh lengah hadapi COVID-19,” tutup Wiku.

Dengan penambahan kasus hari ini, Indonesia menjadi negara ke-24 di dunia yang mencapai 100 ribu kasus positif corona. Indonesia juga menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara dengan kasus positif menembus angka 100 ribu.(kmp)

Loading...

baca juga