D-ONENEWS.COM

TMMD Ke-115 di Lumajang , Bupati: Manfaatnya Bisa Dirasakan Masyarakat

Lumajang,(DOC) – Bupati Lumajang bersama jajaran unsur Forkompimda membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 di Lapanngan Desa Pakel, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Senin (11/10/2022).

Pembukaan TMMD ke-115 tahun 2022 tersebut di tandai penandatanganan berita acara kegiatan dan penyerahan alat kerja oleh Bupati Lumajang kepada anggota TNI dan masyarakat secara simbolis.

Pelaksanaan TMMD ke 115 mengambil tema TMMD Dedikasi terbaik membangun desa yang di laksanakan 30 hari, mulai dari tanggal 11 Oktober 2022 hingga 9 November 2022.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, Bahwa TNI menjadi bagian kemitraan yang produktif dalam ikut serta membangun tidak sekedar pembangunan fisik tapi juga pembangunan sosial kemasyarakatan yang ada di wilayah kabupaten Lumajang.

“Pelaksanaan TMMD berdasarkan kriteria yang kompleks dan harus mencakup pembagunan seluruh aspek, baik infrastuktur maupun sosial kemasyarakatan di wilayah,” jelasnya.

Cak Thoriq menjelaskan, bahwa kegiatan TMMD merupakan bentuk nyata hadirnya TNI di masyarakat untuk turut serta bersama pemerintah membangun masyarakat. Tidak hanya pembangunan fisik, melainkan juga di bidang sosial.

“Program telah melaksanakan berbagai kegiatan khususnya dalam TMMD ini betul-betul bisa di rasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ada beberapa kegiatan membangun rumah tidak layak, memberikan sosialisasi bahwa anak-anak muda kita. Semuanya harus juga terbebas dari pengaruh narkoba,” ungkapnya.

Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan dalam kegaiatan TMMD meliputi, pelebaran badan jalan tanah lebar 2 meter, menjadi lebar 8 meter, pajang 750 meter, dengan konstruksi makadam lebar 3 meter, panjang 750 meter.

Selanjutnya penyempurnaan jalan makadam lama kontruksi cor rabat beton volume lebar 3 meter panjang 750 meter, dan pembangunan penunjang jalan berupa pemasangan gorong-gorong di tiga titik.

Kemudian, ada juga kegiatan fisik sasaran tambahan melaksanakan renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 10 unit.

Usai melaksanakan pembukaan TMMD, Bupati bersama rombongan melaksanakan peletakan batu pertama TMMD dan peninjauan sasaran rumah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) TMMD ke-115 Dusun Sumbermulyo Desa Pakel Kecamatan Gucialit.(imam)

Loading...

baca juga