D-ONENEWS.COM

PEMILIH DARI KALANGAN DISABILITAS KUNJUNGI STAND PEMILU EXPO

Pengunjung Pemilu Expo dari Segmentasi Disabilitas

Surabaya, kpujatim.go.id- Stand Pemilu Expo Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), yang buka di acara Jatim Fair 2018 mendapat kunjungan pemilih disabilitas, Minggu (14/10). Ada sebanyak 5 orang pemilih disabilitas bersama satu orang pendamping yang datang ke stand nomor 53 – 54, lantai 3 Grand City Mall Surabaya. Mereka datang sekitar pukul 13. 30 Wib, dalam rangka berkunjung dan juga mencari informasi terkait tahapan Pemilu 2019.

Pendamping disabilitas Lusti menyatakan, pengunjung yang hadir kebanyakan berasal dari Kabupaten Malang, yang merupakan didikan dan dampingan dari salah satu dinas yang juga ikut buka stand di Jatim Fair 2018. Selain dari tuna netra, pengunjung yang datang ke Pemilu Expo juga ada yang tuna rungu dan daksa. Itupun juga sudah mendapatkan hak pilih, sehingga sangat membantu saat berkunjung ke stand KPU Provinsi Jawa Timur.

“Sangat membantu sekali bagi kalangan disabilitas, termasuk juga ada surat suara untuk kalangan tuna netra sehingga bisa tahu langsung model dan jenisnya,” ujarnya.

Lusi menambahkan, para disabilitas setelah berkunjung merasa sudah terfasilitasi dalam setiap tahapan sudah ramah terhadap para pemilih dari kalangan disibilitas. Termasuk informasi yang diperoleh berkaitan dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang tata letaknya juga ramah dengan kalangan pemilih disabilitas. Tentu dengan harapan partisipasi termasuk dari kalangan disabilitas juga meningkat, dalam Pemilu 2019 mendatang.

“Souvenir yang diberikan juga menarik, sukses untuk KPU Provinsi Jawa Timur dalam menghadapi Pemilu 2019 nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, hingga Minggu petang, jumlah pengunjung stand Pemilu Expo KPU Jatim sudah mencapai 1.500 lebih. Diperkirakan jumlah pengunjung akan terus bertambah, seiring dengan hari terakhir pelaksanaan Jatim Fair 2018 yang bertempat di Grand City Mall Surabaya. Panitia sampai kewalahan melayani pengunjung, termasuk penyediaan souvenir yang cukup banyak diminati oleh pengunjung yang hampir rata dari beberapa Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

“Permainan (game) yang berkaitan dengan Pemilu, serta cek DPT menjadi tempat yang paling favorit dikunjungi oleh para pengunjung,” ungkap Sektiono, salah satu petugas stand KPU Jatim.

(BAY)

Loading...

baca juga