D-ONENEWS.COM

PEMILU 2019, KPU JATIM LAKUKAN PENGADAAN SAMPUL, FORMULIR & DCT

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Dewita Hayu shinta

Surabaya, kpujatim.go.id- Dalam tahapan pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) memiliki tugas untuk melakukan pengadaan sampul, formulir, serta Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota dilengkapi gambar Caleg. Demikian disampaikan Komisioner KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta saat diwawancara hari ini (Jum’at, 18/1).

Perempuan yang akrab disapa Shinta ini menjelaskan pula bahwa pasal 20 ayat 1 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 menyebutkan sampul kertas digunakan untuk surat suara, berita acara pemungutan dan penghitungan suara, berita rekapitulasi perhitungan, surat pemberitahuan pemilih dan rekapitulasinya serta kunci gembok kotak suara.

“Sementara itu, yang dimaksud dengan formulir, sebagaimana pasal 23 ayat 1 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 digunakan untuk mencatat hasil perolehan suara Paslon terdiri dari formulir berita acara pemungutan dan penghitungan suara, sertifikat hasil dan rincian penghitungan suara, lampiran setifikat serta model plano catatan hasil penghitungan perolehan suara di TPS,” papar Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim.

Lalu DCT DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota akan ditempel di setiap TPS. DCT ini dilengkapi dengan gambar Caleg-Caleg. “Sehingga masyarakat sebelum memilih dapat melihat gambar/ foto dari Caleg yang akan dipilihnya,” katanya.

Menurut Shinta pengadaan sampul dan formulir pemilu 2019 oleh KPU RI dilimpahkan dan dilakukan KPU Provinsi. Untuk Jawa Timur, pengadaan Sampul sudah selesai sejak Desember 2018. Dan oleh rekanan sudah didistribusikan ke KPU Kabupaten/ Kota. Hanya saja menurut Shinta, saat ini masih ada beberapa Kabupaten/ Kota yang mengajukan kekurangan dan melakukan perbaikan Sampul yang rusak. “Rusak di sini bukan rusak fisik ya! Tetapi maksudnya ada yang tulisannya masih berbayang atau tidak terpotong dengan rapi,” tegas Shinta.

Menutup wawancara, Shinta mengungkapkan untuk Formulir sudah ada pemenang lelangnya melalui LPSE. Dan untuk cetaknya tinggal menunggu desain, karena Peraturan KPU tentang Tungsura serta rekapitulasi belum keluar.

(AACS)

Loading...

baca juga