D-ONENEWS.COM

Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Manfaatkan Sampah

Foto: Salah satu peserta peragaan busana

Lumajang,(DOC) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli dan melakukan pengelolaan sampah dengan inovatif dan kreatif. Ia menjelaskan, sampah dapat bermanfaat menjadi barang melalui proses pemilahan dan daur ulang secara tepat. “Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Lumajang, ayo kita semua peduli sampah”, ujar Bupati dalam acara Peragaan Busana Daur Ulang Sampah di depan Pendopo Arya Wiraraja Sabtu(22/02/2020) malam kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengapresiasi karya para designer dalam mengolah dan mendaur ulang sampah menjadi sebuah karya yang memiliki nilai. Ia menuturkan, potensi para designer tersebut harus juga dimaksimalkan untuk kegiatan daur ulang sampah.

Selain itu, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap bergotong royong menjaga lingkungan dari sampah melalui berbagai kegiatan seperti halnya kerja bakti.

“Ayo semua masyarakat, tetap gotong royong bersama sama membersihkan lingkungan masing masing”, pungkasnya.

Sementara, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Daur ulang sampah itu bertujuan untuk mengurangi sampah yang ada di lingkungannya masing masing. Ia pun mengajak masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan dan peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Kita mencintai tanah air berarti mencintai bumi dimana kita dilahirkan dan di besarkan mencintai bumi berarti kita harus merawatnya dengan baik bersih,” tuturnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati melaporkan bahwa kegiatan peragaan busana daur ulang merupakan puncak dari kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 di Kabupaten Lumajang.

“Tujuan dari kegiatan busana daur ulang sampah ini bahwa untuk menumbuh kembangkan kreatifitas dalam mengelola sampah anorganik menjadi sebuah kerajinan dan kesenian,” ungkap Yuli Haris.

Ia melaporkan ada 9 kegiatan yang merupakan dari kegiatan apel hari peduli sampah nasional, aksi bersih kali asem, aksi bersih bersih sekolah dan kampung, lomba kerajinan daur ulang sampah, bazar ekonomi kreatif daur ulang sampah, peragaan busana daur ulang sampah, ngopi sambil bersih bersih sampah (NGOPI SAM).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah anggota Forkopimda Kabupaten Lumajang.(imam)

Loading...

baca juga