Pemkot Dan PT Wing Surya Kirim Bantuan Ke Lombok

Tidak ada komentar 130 views

Surabaya,(DOC) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama PT. Wings Surya mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).  Pemberangkatan peduli gempa lombok tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di halaman balai kota Surabaya, pada Kamis(23/8/2018).

Wali Kota Risma – sapaan akrabnya menyampaikan, selain mengirim logistik, dokter dan psikolog ke Lombok, Pemkot Surabaya juga memberangkatkan tim relawan ke lombok yang bertugas untuk memantau kondisi sekaligus menerima bantuan dari Kota Surabaya. “Setiap 4 hari sekali kita ganti orang dan pagi tadi kita ngirim12 orang,” ujarnya di sela-sela sambutan.

Selain itu, lanjut Risma, Pemkot Surabaya juga mengirim tenaga dan alat pertanian, serta mengedukasi warga disana seperti halnya menjernihkan air untuk minum, membuat toilet dan tempat tidur.

Hal ini, kata Risma, untuk meringankan beban warga yang ada disana, meskipun kondisi masih belum kondusif. “Sembari menunggu kondisi pulih, ada baiknya warga disana mengisi waktu dengan bertani atau membuat hal-hal yang positif,” tutur wali kota sarat akan prestasi tersebut.

Tak lupa, Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini mengucapkan terima kasih kepada perusahaan Wings yang peduli dan memperhatikan saudara-saudara yang terkena musibah bencana gempa Lombok. “Saya bangga ada perusahaan yang memberikan secara langsung bantuan ini,” ucapnya.

Wujud bantuan yang akan dikirim  PT. Wings Surya lebih difokuskan pada pemenuhan kebutuhan keluarga dan anak berupa, sabun mandi, pasta gigi dan deterjen. “Masing-masing sebanyak 300 karton, 590 karton popok bayi, 500 karton pembalut wanita dan sikat gigi sebanyak 1.800 karton,” terang Mulyo Kuncoro selaku General Affairs Manager PT Wings Surya.

Mulyo – sapaan akrabnya menuturkan, bantuan akan dikirim melalui jalur laut dengan rute awal pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan akan tiba di pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat pada hari Minggu(26/8/2018).

“Semua logistik akan diserahkan dan diterima oleh tim relawan pemkot Surabaya yang kemudian di didistribusikan ke Lombok Utara di kecamatan Tanjung dan Pemenang, Lombok Barat di desa Gunung Sari kecamatan Gunung Sari dan desa Lingsar kecamatan Lingsar serta Lombok Timur kecamatan Masbagik,” urainya.

Dikarenakan kondisi di Lombok masih terus diguncang gempa, Pemkot Surabaya sendiri masih akan terus membuka posko bantuan. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christijanto kebutuhan yang saat ini diperlukan oleh masyarakat di Lombok meliputi, terpal, selimut dan beras.

“Kebutuhan ini akan kita suplai terus dan sudah kita sampaikan ke masyarakat melalui media sosial, elektronik maupun website resmi Pemkot Surabaya,” terangnya.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya telah mengirim penjernih air sebanyak 105 pack, mie goreng 34 pack, kain kafan 4 pack, selimut 23 pack, beras 86 pack, obat-obatan 26 pack, pakaian 114 pack, susu 24 pack, paralon plus pompa air 13 pack, genset 14 pack, terpal 14 pack dan tenda plus tali 12 pack.

“Selain itu, Pemkot Surabaya juga mengirim 30 penjernih air, enam pompa air, 14 genset, tandon lipat dengan kapasitas 800 liter sebanyak 17 buah dan 1000 liter sebanyak 15 buah,” tandas Eddy.(hm/r7)