D-ONENEWS.COM

Pemkot Surabaya Gandeng PT Wings Surya Gelar Vaksinasi Serentak di Tiga Lokasi

Surabaya, (DOC) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bekerjasama dengan PT Wings Surya menggelar vaksinasi massal Covid-19 pada 7 Oktober 2021. Vaksinasi massal ini, bakal digelar serentak di tiga lokasi, yakni Taman Cahaya, Atlas Sport Club dan Tugu Pahlawan Surabaya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal di Taman Cahaya, Atlas Sport Club dan Tugu Pahlawan Surabaya, digelar serentak pada 7 Oktober 2021, mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. Setidaknya ada sekitar 5-10 ribu dosis vaksin 1 dan 2 yang disiapkan di setiap lokasi.

“Kita melakukan vaksin massal di tiga lokasi tanggal 7 Oktober. Pak Wali Kota rencananya meninjau ke Tugu Pahlawan. Kita siapkan 5 -10 ribu kuota vaksin di masing-masing lokasinya,” kata Febria Rachmanita, Rabu (6/10/2021).

Feny-panggilan lekat Febria Rachmanita menjelaskan, dalam giat vaksinasi serentak, pihaknya menyediakan vaksin jenis Sinovac untuk dosis 1 dan 2. Namun, khusus untuk dosis 1, hanya diperuntukkan bagi warga Kota Surabaya.

“Jenis vaksinnya Sinovac. Untuk dosis 2, warga KTP manapun boleh mendaftar. Kalau vaksin dosis 1, khusus untuk KTP Surabaya. Sasarannya usia 12 tahun ke atas,” jelasnya.

Menurut Feny, dalam giat vaksinasi serentak, PT Wings Surya membantu pemkot menyediakan tenda, sarana prasarana hingga konsumsi bagi petugas dan tenaga kesehatan (nakes). Sementara untuk vaksin dan nakesnya, berasal dari Dinkes Surabaya. “Jadi vaksinasi ini merupakan kerjasama antara pemkot dengan PT Wings Surya,” imbuhnya.

Ia juga memastikan, bahwa pelaksanaan vaksinasi itu bakal berlangsung lancar dan tertib. Sebab, lokasinya tersebar di tiga tempat. Apalagi, di masing-masing lokasi vaksinasi itu, pemkot membagi nakes menjadi 10 tim.

“Satu tim itu terdiri dari empat orang. Kenapa kita tempatkan di Taman Cahaya dan Tugu Pahlawan juga, karena untuk memecah agar tidak semuanya ke Atlas. Karena warga juga terlalu jauh apabila dari wilayah Surabaya Barat,” terangnya.

Hingga saat ini, Feny menjabarkan, capaian vaksin dosis 1 di Kota Surabaya sudah mencapai sekitar 109 persen. Sedangkan untuk dosis 2, mencapai sekitar 74 persen. Artinya, capaian vaksin di Surabaya sudah melebihi 70 persen standar tercapainya herd immunity atau kekebalan komunal. “Artinya, Surabaya sudah (melebihi). Kalau capaian vaksin lansia (lanjut usia) sudah sekitar 92 persen,” pungkasnya. (hm/fr)

 

 

Loading...

baca juga