D-ONENEWS.COM

Penjaringan Bacakada Golkar Jatim Lewat Survey, Kemampuan Finansial Jadi Penentu

Surabaya,(DOC) – DPD Golkar Jawa Timur melakukan persiapan menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun 2020 mendatang. Salah satunya adalah membentuk lembaga survey khusus penjaringan Bakal Calon Kandidat Kepala Dearah (Bacakada).

 

Langkah persiapan tersebut disampaikan oleh Zainuddin Amali Plt Ketua DPD Golkar Jatim disela acara seminar tentang Pilkada Serentak 2020 di kantor DPD Golkar Jatim.

 

Dalam seminar yang mengundang para Bacakada di 19 kabupaten di Jawa Timur, Zainudin Amali yang kini menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), menyatakan, bahwa penjaringan Bacakada partai Golkar bisa diikuti oleh siapa saja dari kader partai maupun masyarakat umum.

 

“Partai Golkar membuka lebar bagi siapa saja yang minat maju Pilkada. Namun penentuannya nanti tetap pada survei yang akan disiapkan partai Golkar,” kata Zainuddin.

 

Ia menjelaskan, survey penjaringan Bacakada yang akan di utamakan partai Golkar yaitu elektabilitas, kuantitas dan kemampuan finansial para calon. Kemampuan Finansial, kata dia, merupakan penentu bagi para Bacakada untuk dapat diusung oleh Partai Golkar di Pilkada serentak 2020 mendatang.

“Kasus yang pernah terjadi di Pilkada lalu menjadi patokan partai Golkar. Bukan hanya elektabilitas saja, tapi kesiapan total dari calon juga perlu. Jangan sampai sudah jalan, terus putus di tengah,” tandasnya.

 

Pada kesempatan itu, Cak Salam sapaan akrab Bacakada yang hendak maju di Pilkada Jember, menyatakan, siap dengan persyaratan tersebut. Pengusaha property yang mengaku telah mendapat dukungan dari kalangan grass root (akar rumput) merasa yakin bisa melawan calon petahana.

“Tertarik maju di Pilkada karena ingin melakukan perubahan kesejahteraan warga Jember lebih baik. Itu alasannya dan sejauh ini dinamika politik disana (Jember) masih dinamis,” katanya.

 

Ia menambahkan, di Jember Jawa Timur banyak potensi yang bisa digarap untuk meningkatkan taraf perekonomian warga diantaranya pertanian dan pariwisata.(div)

Loading...

baca juga