D-ONENEWS.COM

Pesan Presiden Jokowi pada Peserta Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi singkat rencana demo besar-besaran merespons kenaikan harga BBM bersubsidi atau demo BBM naik yang digelar pada hari ini Selasa 6 September 2022. Demonstrasi akan digelar kelompok mahasiswa dan buruh.

“Ya ini kan negara demokrasi, sampaikan dengan cara-cara yg baik ya,” kata Jokowi, dilansir dari laman Tempo.co, Selasa (6/9).

Salah satu yang berencana menggelar demo yaitu Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Aksi puluhan ribu buruh akan terpusat di depan Gedung DPR dan MPR RI, Jakarta, serta diikuti aksi serentak di 33 provinsi

Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyatakan elit DPR RI harus berani membentuk panitia khusus (pansus).

“Pimpinan DPR dan Komisi terkait ESDM DPR RI harus berani membentuk Pansus atau Panja BBM,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/9).

Iqbal mengatakan agar pimpinan legislator memanggil Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri ESDM, dan para menteri yang terkait dengan kebijakan perekonomian.

Pihaknya menolak kenaikan BBM yang diumumkan oleh pemerintah pada Sabtu pekan lalu. Dia menyampaikan akan ada aksi lanjutan jika pada 6 September 2022 aksinya tidak didengar.

“Bilamana aksi 6 September tidak didengar pemerintah dan DPR, maka Partai Buruh dan KSPI akan mengorganisir aksi lanjut dengan mengusung isu: tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law, dan naikkan upah tahun 2023 sebesar 10 persen sampai 13 persen,” tuturnya. (tc)

Loading...